12 Objek Paling Terang di Tata Surya

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 28 Januari 2021 | 16:55 WIB
Planet Mars/telegraph.co.uk
Planet Mars/telegraph.co.uk
Bagikan

2Venus dan Mars

3. Venus

Planet terdekat ke Bumi, satu langkah ke dalam dalam orbit mengelilingi matahari, juga merupakan planet paling terang.  Itu bisa bersinar secerah -4,7, cukup terang untuk dilihat di siang hari jika Anda tahu ke mana mencarinya.  

Kecerahan Venus sebagian berkat kedekatannya dengan Bumi dan juga, sebagian besar, karena awan pantulannya yang tebal.  Seperti semua objek tata surya lainnya, kecerahan Venus bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk seberapa dekat jaraknya dengan Bumi dan fase apa ia masuk.

Ya, sebagai planet yang mengorbit ke dalam dari Bumi, Venus menunjukkan fase!  Venus ada di langit pagi kita - di timur sebelum matahari terbit - sepanjang akhir tahun 2020. Namun, sebentar lagi Venus akan hilang dari langit kita selama beberapa bulan, berjalan di belakang matahari dari Bumi.  

Venus akan kembali ke langit malam kita pada Mei 2021. Temukan lokasi Venus setiap bulan di panduan planet EarthSky.

Bahkan hingga awal Februari 2021, jika Anda memiliki langit cerah di ufuk timur, Anda mungkin masih bisa melihat Venus untuk terakhir kalinya.  Lihatlah sangat rendah di timur sebelum matahari terbit.  Jika Anda tidak dapat melihatnya, cobalah menyapu dengan teropong.

4. Mars

Planet merah adalah planet terdekat kedua ke Bumi setelah Venus, dan magnitudo maksimumnya jarang -2,9.  Tapi saat itu terjadi… wow!  Pemandangan yang indah untuk dilihat.  Sama seperti planet lain di luar orbit Bumi, saat Mars paling terang di sekitar waktu oposisi, saat berlawanan dengan matahari dari Bumi, terbit di timur saat matahari terbenam di barat.  Pertentangan Mars muncul saat Bumi kita bergerak lebih cepat antara Mars dan matahari.  Itu terjadi setiap dua tahun.  

Beberapa oposisi Mars lebih baik dari yang lain.  Mars sangat cerah pada tahun 2018, dan oposisi terakhirnya - sekitar pertengahan Oktober 2020 - juga bagus.  Selama sekitar satu bulan sekitar oposisi 2020, Mars lebih terang dari Jupiter.  Di lain waktu (pada kenyataannya, sebagian besar waktu), Mars relatif redup. 

Terkadang sangat redup, saat berada di sisi terjauh tata surya dari kita, bersinar pada jarak hampir maksimumnya dari Bumi (sekitar 250 juta mil, atau 400 juta km).  Bagaimanapun, Mars hanyalah sebuah planet kecil, lebih kecil dari Bumi.  Jadi kecerahannya bertambah dan berkurang secara dramatis saat kita dan Mars bergerak mengelilingi matahari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper