12 Objek Paling Terang di Tata Surya

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 28 Januari 2021 | 16:51 WIB
Gerhana bulan
Gerhana bulan
Bagikan

1Matahari dan Bulan

1. Matahari

Matahari bersinar pada magnitude -26,7.  Secara teknis, matahari bahkan tidak bisa dipandang tanpa filter pengaman khusus untuk melindungi mata Anda.  Menatap matahari secara langsung tanpa filter pelindung khusus dapat menyebabkan kebutaan.  

Karena itu, sekarang adalah saat yang tepat untuk melengkapi diri Anda dengan filter untuk mengamati matahari, dan memulai program pengamatan matahari secara teratur.  Anda mungkin tahu bahwa matahari meningkat dan berkurang aktivitasnya dalam siklus yang berlangsung selama 11 tahun. 

2. Bulan

Kecerahan bulan bervariasi tergantung pada fase apa bulan itu. Pada fase penuh saat paling terang, puncaknya pada magnitudo -12,7.  Di sisi lain, bulan dalam fase sabit hanya bersinar sekitar -6.  Jika Anda seorang pengamat langit dalam, bulan cukup terang untuk merusak penglihatan malam Anda, yang berarti bulan akan mencegah Anda mendapatkan pemandangan terbaik gugus bintang, nebula, dan galaksi yang jauh dan redup.  

Jika Anda menggunakan teleskop, bulan harus menjadi perhentian terakhir Anda pada malam pengamatan.  Namun, bagi mata saja, tidak ada yang lebih indah dari bulan yang cerah bersinar di langit malam, memancarkan cahayanya dan menciptakan bayangan bulan di lanskap di sekitar Anda.  Kunjungi halaman fase bulan EarthSky untuk mempelajari tanggal fase bulan utama sepanjang tahun 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper