Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

12 Objek Paling Terang di Tata Surya

Matahari adalah yang paling terang, tentu saja, tetapi Anda mungkin akan terkejut dengan beberapa objek lain yang masuk dalam daftar.  
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  16:48 WIB
Tata Surya - Reuters
Tata Surya - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Apa benda paling terang di tata surya kita yang dapat Anda lihat di langit?  

Matahari adalah yang paling terang, tentu saja, tetapi Anda mungkin akan terkejut dengan beberapa objek lain yang masuk dalam daftar.  

Anda dapat melihat tujuh objek pertama di daftar ini hanya dengan menggunakan mata Anda, bahkan dari kota dan pinggiran kota.  

Item terakhir dalam daftar lebih redup dan karena itu lebih menantang, dan kemungkinan membutuhkan situs langit gelap dan beberapa bantuan optik.

Dalam astronomi, kecerahan benda diukur dengan apa yang disebut magnitudo.  Semakin rendah angkanya, semakin cerah objeknya.  

Jadi, objek berkekuatan 1 menunjukkan bintang paling terang di langit kita, yang berkekuatan 2 lebih redup, diam berkekuatan 3 lebih redup, dan seterusnya.  

Perhatikan bahwa beberapa objek, beberapa planet misalnya, bahkan lebih terang dari magnitudo 1, memuncak dalam angka negatif paling terang.

Tanpa bantuan optik, mata manusia dapat melihat objek hingga sekitar skala 6, dalam kondisi optimal dan di bawah langit yang gelap.  Ada sekitar selusin objek tata surya alami yang, secara teori, dapat terlihat dengan mata telanjang.  

Dalam praktiknya, yang redup sangat sulit untuk dilihat dengan mata saja, tetapi mungkin untuk penglihatan yang tajam dan kegelapan sejati.

Objek sementara, seperti meteor atau komet yang sangat terang, tidak termasuk dalam daftar ini.  Meteor luar biasa dapat mengubah langit malam menjadi secerah siang hari, dan beberapa komet juga mencapai kecerahan yang menakjubkan, seperti Ikeya-Seki pada tahun 1965, yang mencapai magnitudo -10 dan dapat dilihat pada siang hari.  

Namun karena mereka hanya ada di langit secara sementara, dan bukan sesuatu yang dapat diamati secara teratur atau konsisten, objek ini tidak disertakan di sini.  Kami juga tidak menyertakan objek buatan manusia, seperti satelit dan Stasiun Luar Angkasa Internasional.  Cobalah situs web Heavens-Above, jika Anda tertarik mengamati benda-benda buatan manusia yang mengorbit Bumi.

Berikut adalah 12 objek tata surya alami paling terang, dari yang paling terang hingga paling redup dilansir dari Earthsky :

1 dari 7 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tata surya galaksi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top