Apjatel Tawarkan Kolaborasi kepada Pemkot Surabaya

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 26 Januari 2021 | 20:21 WIB
salah satu menara telekomunikasi yang dikelola oleh PT Bali Towerindo Sentra Tbk./balitower.co.id
salah satu menara telekomunikasi yang dikelola oleh PT Bali Towerindo Sentra Tbk./balitower.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) berupaya mencari jalan tengah perihal permasalahan tarif sewa yang terjadi di Surabaya.

Salah satu cara yang akan ditempuh adalah mengajak pemerintah daerah terkait menghadirkan layanan internet gratis bagi masyarakat Surabaya.

Ketua Umum Apjatel Muhammad Arif mengatakan permasalahan tarif sewa di Surabaya membuat sejumlah anggota Apjatel enggan melakukan ekspansi besar-besar ke Kota Pahlawan tersebut.

Hanya terdapat sekitar 1-3 anggota Apjatel yang masih bersedia untung menggelar jaringan telekomunikasi di wilayah Surabaya karena terikat dengan komitmen penggelaran jaringan.

“Sebagian besar lebih banyak anggota Apjatel yang menahan diri untuk ekspansi ke Surabaya. Mereka tidak ingin menggelar jaringan secara besar-besaran,” kata Arif kepada Bisnis, Selasa (26/1/2021).

Arif menambahkan sejumlah anggota hanya menggelar jaringan di kawasan-kawasan berada di dekat ujung jaringan mereka saat ini untuk menghindari ongkos penggelaran jaringan yang sangat mahal.

Adapun untuk mengatasi permasalahan yang terjadi antara Pemkot Surabaya dengan operator penyelenggara jaringan, kata Arif, Apjatel untuk melakukan mediasi dengan Pemkot Surabaya.

Apjatel juga mengajak pemerintah kota Surabaya saling berkolaborasi menghadirkan layanan internet kepada masyarakat di Surabaya, sebagaimana yang telah terjadi di Jakarta melalui JakWiFi.

“Kami ingin saling mendukung untuk memberikan layanan internet untuk kebutuhan masyarakat,” kata Arif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper