Ini yang Bikin Ekosistem Startup Membaik

Akbar Evandio
Senin, 25 Januari 2021 | 21:44 WIB
Ilustrasi kantor startup/Flickr
Ilustrasi kantor startup/Flickr
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ketimpangan digital menjadi alasan dibalik tidak meratanya penyebaran perusahaan rintisan (startup) di Tanah Air

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan saat ini terjadi ketimpangan yang cukup dalam pada penggunaan sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia untuk menghasilkan pendapatan secara ekonomi.

“Artinya, penggunaan internet untuk menghasilkan pendapatan seperti pembuatan perusahaan startup digital, masih timpang antara masyarakat di Jawa dan di luar pulau Jawa,” katanya saat dihubungi Bisnis, Selasa (25/1/2021)

Selain itu, menurutnya, kesenjangan ini juga dipengaruhi juga oleh infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) yang juga timpang. Maka dari itu, perusahaan startup lebih berkembang di kota-kota besar.

“Kota besar ada dukungan dengan infrastruktur yang bagus dan SDM yang mumpuni. Penggunaan ICT pun bisa untuk menghasilkan pendapatan,” ujarnya.

Untuk itu, dia meyakini ada pekerjaan rumah yang besar bagi pemerintah untuk memeratakan pembangunan TIK dari 3 aspek. Pertama pembangunan infrastruktur digital seperti jaringan internet.

Kedua, pembangunan SDM melalui pendidikan formal dan ketiga adalah penggunaan sektor TIK untuk kegiatan ekonomi dalam menghasilkan pendapatan.

“Jika ketiga aspek tersebut bisa diperbaiki oleh pemerintah, maka perusahaan startup daerah akan tumbuh pesat,” ujar Huda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper