Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini yang Bikin Ekosistem Startup Membaik

Kesenjangan tersebut dipengaruhi juga oleh infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) yang juga timpang.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  21:44 WIB
Ilustrasi kantor startup - Flickr
Ilustrasi kantor startup - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA – Ketimpangan digital menjadi alasan dibalik tidak meratanya penyebaran perusahaan rintisan (startup) di Tanah Air

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan saat ini terjadi ketimpangan yang cukup dalam pada penggunaan sektor teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Indonesia untuk menghasilkan pendapatan secara ekonomi.

“Artinya, penggunaan internet untuk menghasilkan pendapatan seperti pembuatan perusahaan startup digital, masih timpang antara masyarakat di Jawa dan di luar pulau Jawa,” katanya saat dihubungi Bisnis, Selasa (25/1/2021)

Selain itu, menurutnya, kesenjangan ini juga dipengaruhi juga oleh infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM) yang juga timpang. Maka dari itu, perusahaan startup lebih berkembang di kota-kota besar.

“Kota besar ada dukungan dengan infrastruktur yang bagus dan SDM yang mumpuni. Penggunaan ICT pun bisa untuk menghasilkan pendapatan,” ujarnya.

Untuk itu, dia meyakini ada pekerjaan rumah yang besar bagi pemerintah untuk memeratakan pembangunan TIK dari 3 aspek. Pertama pembangunan infrastruktur digital seperti jaringan internet.

Kedua, pembangunan SDM melalui pendidikan formal dan ketiga adalah penggunaan sektor TIK untuk kegiatan ekonomi dalam menghasilkan pendapatan.

“Jika ketiga aspek tersebut bisa diperbaiki oleh pemerintah, maka perusahaan startup daerah akan tumbuh pesat,” ujar Huda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp pendanaan
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top