XL Ingin Pakai Balon Google Sediakan Internet Cepat ke Pelosok

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 15 Januari 2021 | 10:23 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis/Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. (EXCL) berminat untuk memanfaatkan Google Loon dalam mendukung program pemerintah dalam percepatan penerapan internet cepat ke seluruh lapisan masyarakat.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan siap mengadopsi teknologi tersebut untuk memberi akses telekomunikasi ke seluruh pelosok negeri. Namun, saat ini masih menunggu regulasi yang mengatur pengoperasian Balon Google tersebut.

"XL Axiata melihat [Google] Loon sebagai salah satu kesempatan untuk pengembangan inovasi dalam menyalurkan internet ke sejumlah titik. Hanya saja, dalam mengimplementasikan teknologi ini, dibutuhkan regulasi dan persyaratan yang perlu dipenuhi terlebih dahulu," kata Tri kepada Bisnis.com, Kamis (14/1/2021).

Dia menuturkan perseroan tidak akan membatasi diri dengan satelit atau Loon. Operator seluler berkode emiten EXCL ini akan terbuka dan terus mengeksplorasi teknologi-teknologi baru lainnya yang memiliki beban biaya yang efektif dan dapat mempercepat penetrasi ke area-area yang tidak terjangkau.

Ayu menambahkan melalui Google Loon penyaluran akses telekomunikasi lebih mudah, dengan ekspektasi kualitas layanan yang akan jauh lebih baik dibandingkan dengan satelit. Selain itu, juga memiliki biaya yang lebih efesien dibandingkan dengan menggelar kabel ke daerah rural.

Adapun, tantangan lain dalam mengimplementasikan teknologi ini, selain regulasi, adalah pemanfaatan spektrum yang membutuhkan kesepakatan antar regulator di dunia.

"Selain itu masih banyak hal lainnya yang mungkin membutuhkan keputusan secara politis dan diatur dalam regulasi," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper