Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Telkomsel Kebut Perluasan Jaringan NB-IoT pada Tahun Ini

Jaringan NB IoT merupakan solusi konektivitas digital yang dirancang untuk mendukung layanan dan platform IoT agar bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  14:38 WIB
Petugas Telkomsel melakukan pemantauan kapasitas jaringan di salah satu daerah di Sumsel. istimewa
Petugas Telkomsel melakukan pemantauan kapasitas jaringan di salah satu daerah di Sumsel. istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) berencana memperluas jaringan Narrow Band (NB IoT) ke sejumlah kota-kota besar pada tahun ini.

General Manager IoT Smart Connectivity Telkomsel Alfian Manullang mengklaim saat ini jaringan NB IoT Telkomsel sudah mencakup kota besar dan area pusat industri.

Rencananya pada tahun ini, Telkomsel akan makin ekspansif dalam menggelar jaringan NB IoT. Sayangnya Alfian tidak menyebutkan jumlah target penggelaran jaringan IoT yang akan dilakukan Telkomsel.

“Pada 2021 kami akan memperluas jangkauan sektor bisnis untuk pemanfaatan teknologi NB IoT, sebagai dukungan mewujudkan nawacita pemerintah, Making Indonesia 4.0,” kata Alfian kepada Bisnis,Rabu (13/1/2021).

Alfian menjelaskan jaringan NB IoT merupakan solusi konektivitas digital yang dirancang untuk mendukung layanan dan platform IoT agar bisa bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

NB IoT masih menjadi bagian dari teknologi 5G yang bersifat masif IoT, yang mampu mendukung sampai 1 juta perangkat IoT yang terhubung dalam satu cell BTS.

Alfian menambahkan pada 2021 Telkomsel IoT akan terus menghadirkan berbagai solusi yang dapat membantu industri di berbagai sektor untuk dapat tetap produktif.

“Segmen penggunaan jaringan NB seperti air, gas, listrik, serta penerangan lampu jalan akan menjadi pendorong penggunaan teknologi ini secara massal,” kata Alfian.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel telekomunikasi Internet of Things
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top