Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pabrikan Pembuat Chipset Apple M1, Raup Kenaikan Pendapatan 25,2% Pada 2020

Taiwan Semiconductor Manufacturing Corporation (TSMC) sukses meningkatkan pendapatan perusahaan sepanjang 2020. Kendati, situasi global tengah dihadapkan pada pandemi Covid-19 sepanjang tahun lalu yang menekan sejumlah sektor ekonomi dunia.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 08 Januari 2021  |  15:30 WIB
Kantor Pusat TSMC  -  tsmc.com
Kantor Pusat TSMC - tsmc.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pabrikan pembuat prosesor (semikonduktor) asal Taiwan, Taiwan Semiconductor Manufacturing Corporation (TSMC) sukses meningkatkan pendapatan perusahaan sepanjang 2020.

Kendati, situasi global tengah dihadapkan pada pandemi Covid-19 sepanjang tahun lalu yang menekan sejumlah sektor ekonomi dunia.

Dalam laporan pendapatan Desember 2020, Vice President & Chief Financial Officer TSMC Wendell Huang mengungkapkan perusahaan meraih pendapatan selama Desember 2020 sebesar 117,37 miliar dollar Taiwan.

Laporan yang diterbitkan pada Jumat (8/1/2021) tersebut mengungkapkan bahwa perolehan pendapatan selama Desember 2020 itu turun 6% jika dibandingkan dengan pendapatan pada November 2020.

Namun, jika dibandingkan secara tahunan, perolehan pendapatan sepanjang Desember 2020 itu meningkat 13,6% jika dibandingkan bulan yang sama pada tahun sebelumnya.

“Pendapatan untuk Januari hingga Desember 2020 sebanyak 1.339,26 miliar dollar Taiwan, meningkat 25,2% jika dibandingkan periode yang sama pada 2019,” tulisnya dalam laporan tersebut.

TSMC merupakan pabrikan yang memproduksi prosesor untuk berbagai konsumen, termasuk pabrikan asal AS, Apple Inc. Tak hanya memasok prosesor mobile, TSMC juga memproduksi prosesor terbaru Apple yang diberi nama Apple M1.

Apple M1, kini digunakan dalam lini Macbook baik Macbook Air maupun Macbook Pro terbaru Apple. Prosesor tersebut memiliki ukuran 5 nanometer (nm).

Kini, sejumlah pabrikan semi konduktor tengah berlomba-lomba untuk mengembangkan prosesor dengan ukuran 3nm. Tak hanya TSMC, Samsung Exynos dan Kirin Huawei juga tengah melirik pengembangan prosesor 3nm.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple taiwan
Editor : Lukas Hendra TM
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top