Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

CES 2021: Renesas dan Sequans Memperluas Kolaborasi 5G Mereka

Ini mengikuti kerja sama sebelumnya dari kedua perusahaan untuk mengembangkan modul berdasarkan platform Sequans 'Monarch LTE-M / NB-IoT, yang diumumkan Oktober lalu.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 08 Januari 2021  |  12:14 WIB
Ilustrasi teknologi 5G. - REUTERS/Yves Herman
Ilustrasi teknologi 5G. - REUTERS/Yves Herman

Bisnis.com, JAKARTA – Renesas Electronics Corporation dan Sequans Communications, kemarin Kamis (7/1/2021), mengumumkan perluasan kolaborasi mereka untuk memasukkan pengembangan modul 5G berdasarkan platform Taurus 5G Sequans. 

Renesas Electronics Corporation merupakan perusahaan pemasok solusi semikonduktor. Sementara itu Sequans Communications adalah perusahaan penyedia chip dan modul 5G / 4G untuk IoT (internet of things).

Dilansir situs resmi Consumer Electronics Show (CES) 2021, Jumat (8/1/2020), Renesas akan mendapatkan akses teknologi dan lisensi non-eksklusif dari Sequans. Ini mengikuti kerja sama sebelumnya dari kedua perusahaan untuk mengembangkan modul berdasarkan platform Sequans 'Monarch LTE-M / NB-IoT, yang diumumkan Oktober lalu.

Melalui hubungan 5G mereka yang diperluas, Renesas dan Sequans bertujuan untuk menyatukan teknologi modem 5G Sequans dengan teknologi front-end FR1/FR2 analog Renesas untuk menciptakan solusi gabungan 5G terbaik di kelasnya.

“Melihat momentum yang baik dari kolaborasi kami pada IoT besar-besaran dengan solusi gabungan LTE-M/NB-IoT, kami sangat bersemangat sekarang untuk memulai perjalanan menuju 5G broadband IoT dengan Renesas,” kata Georges Karam, CEO Sequans.

Menurut Karam, Renesas adalah pembangkit tenaga listrik dalam desain dan eksekusi dengan jangkauan pasar global, dan kolaborasi mereka akan menguntungkan seluruh industri 5G IoT. 

Platform Taurus 5G sesuai dengan 3GPP Release 16 dan dioptimalkan untuk menangani berbagai aplikasi broadband yang ditingkatkan dan IoT kritis, termasuk akses nirkabel tetap, komputasi seluler, jaringan pribadi dan vertikal, mesin industri, AR/VR, dan drone. 

Menurut perkiraan Techno Systems Research, pasar global yang dapat dialamatkan akan lebih dari 250 juta perangkat pada tahun 2025 mendatang. 

“Sequans adalah satu dari sedikit perusahaan semikonduktor dengan rangkaian lengkap solusi IoT seluler dari LTE-M dan NB-IoT hingga 5G NR,” ungkap Roger Wendelken, Wakil Presiden Senior, Kepala Bisnis MCU, IoT dan Unit Bisnis Infrastruktur di Renesas.

Wendelken mengungkapkan bahwa Renesas senang dapat memperluas kolaborasi untuk mengatasi revolusi 5G yang akan datang dan banyak peluang menarik untuk kemajuan teknologi yang akan dihadirkan. 

Kolaborasi yang diperluas juga memberi Renesas akses ke Sequans yang baru-baru ini mengumumkan teknologi Cat 1 generasi kedua, Calliope 2, yang dirancang untuk menjadi solusi hemat daya dan hemat biaya untuk aplikasi IoT yang membutuhkan kecepatan lebih tinggi dari LTE-M dan atau dukungan VoLTE, seperti terhubungnya speaker atau perangkat alarm.

Renesas berharap dapat memberikan modul yang mendukung ekstensi 4G dan sebagian besar mode 5G mulai akhir 2021 dan berlanjut hingga 2022.

Di samping itu Karam juga mengungkapkan kolaborasi ini memungkinkan Renesas untuk memperluas penawaran modul komprehensif mereka dengan berbagai modul IoT seluler 5G/4G. 

Selain itu juga memungkinkan Sequans untuk memperluas jangkauannya ke segmen pasar IoT yang lebih luas ujar Karam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi 5G CES 2021
Editor : Muhammad Khadafi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top