Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Empat Bulan yang Menentukan bagi Tri Indonesia dan Indosat (ISAT)

Proses bertukar data menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil oleh kedua perusahaan pada saat negosisasi eksklusif dilakukan pada 31 April 2021.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 31 Desember 2020  |  11:29 WIB
Staf PT Hutchison 3 Indonesia melayani pelanggan Tri. - dok. Tri Indonesia
Staf PT Hutchison 3 Indonesia melayani pelanggan Tri. - dok. Tri Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hutchison 3 Indonesia mengungkapkan bahwa perseroan sangat serius dalam menjalin kerja sama dengan PT Indosat Tbk. (ISAT). Kedua perusahaan akan saling mempelajari kondisi satu sama lain sebelum memutuskan untuk berkonsolidasi.

Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia Danny Buldansyah mengatakan bahwa saat ini Tri bersama dengan Indosat saling bertukar data sebelum melakukan konsolidasi. Kedua perusahaan saling mempelajari data tiap-tiap perusahaan seperti jumlah pegawai, keuangan, utang piutang, dan lain sebagainya.

Proses tersebut akan berlangsung selama 4 bulan. Proses tersebut menentukan langkah selanjutnya yang akan diambil oleh kedua perusahaan pada saat negosisasi eksklusif dilakukan pada 31 April 2021.

Selama tenggang tersebut, Tri dan Indosat tidak diperkenankan untuk menjalin kerja sama dengan operator lain karena sudah terikat oleh nota kesepahaman.

“Kami akan meluangkan waktu yang cukup banyak selama 4 bulan ini, agar berhasil. Kalau tujuannya untuk gagal, buat apa kami melakukan ini. Kecuali ada hal-hal prinsip yang ditemui pada saat diskusi dan hal itu ternyata tidak dapat disatukan atau tidak ada jalan keluar,” kata Danny kepada Bisnis, Kamis (31/12/2020).

Saling tukar data antar-perusahaan yang ingin berkonsolidasi merupakan hal yang wajar. Beberapa waktu lalu, Telenor, perusahaan telekomunikasi asal Norwegia, juga melakukan yang sama dengan Axiata, perusahaan telekomunikasi yang berpusat di Malaysia.

Saat itu, konsolidasi dilakukan di tingkat global. Adapun, yang terjadi saat ini adalah induk tiap-tiap perusahaan ingin mengombinasikan anak perusahaan mereka yang terdapat di Indonesia yakni, Tri Indonesia dengan Indosat Ooredoo.

“Kalau dari itu [keterangan CK Hutchison Holdings Ltd.] mengombinasikan. Biasanya itu bukan akuisisi. Mengombinasikan artinya kami melihat punya mereka dan mereka lihat punya kami apakah layak dikombinasikan dengan nilai berapa?” kata Danny.

Danny mengaku belum mengetahui hasil dari kombinasi kedua perusahaan nantinya. Selama 4 bulan ini, Tri dan Indosat akan berdiskusi secara ekslusif untuk menentukan skema hasil kombinasi kedua perusahaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indosat hutchison 3
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top