Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Upaya Tri Indonesia Amankan Jaringan saat Natal dan Tahun Baru

Perusahaan memperkirakan akan ada lebih dari 30 persen peningkatan lalu lintas data dibandingkan dengan tahun lalu mengingat tingginya aktivitas daring di tengah pandemi saat ini.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 24 Desember 2020  |  14:56 WIB
Staf PT Hutchison 3 Indonesia melayani pelanggan Tri. - dok. Tri Indonesia
Staf PT Hutchison 3 Indonesia melayani pelanggan Tri. - dok. Tri Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan penyedia jasa telekomunikasi, 3 (Tri) Indonesia menyatakan memperluas jangkauan jaringan dengan menambahkan lebih dari 6.000 BTS 4.5G Pro baru untuk mengantisipasi kebutuhan jaringan saat liburan Natal dan Tahun Baru.

Chief Technical Officer 3 Indonesia Desmond Cheung mengatakan bahwa penambahan ribuan Base Transceiver Station (BTS) dapat menjangkau 15 juta penduduk dari total populasi, termasuk penduduk yang tinggal di beberapa daerah terpencil seperti Pulau Bintan, Mandalika, Morowali, dan Konawe, di mana akses komunikasi seluler masih sangat terbatas.

“Konektivitas data berkecepatan tinggi selama periode bekerja dan belajar dari rumah merupakan hal yang sangat penting bagi sebagian besar orang,” katanya saat dihubungi Bisnis, Kamis (24/12/2020).

Selain itu, dia mengatakan bahwa perusahaan memperkirakan akan ada lebih dari 30 persen peningkatan lalu lintas data dibandingkan dengan tahun lalu mengingat tingginya aktivitas daring di tengah pandemi saat ini.

“Untuk mengantisipasi kenaikan tersebut, 3 Indonesia telah mengoptimalkan seluruh elemen jaringan dan infrastrukturnya untuk mendukung layanan internet dan telekomunikasi,” ujarnya.

Adapun, upaya yang Desmond maksudkan untuk kebutuhan layanan data bagi pelanggan mereka di musim liburan adalah dengan mengoptimalkan jaringan di ratusan Points of Interest (POI) di kawasan pemukiman dan titik keramaian.

“Kami juga menyediakan sejumlah Cell of Wheels tambahan di sepanjang tol Jakarta-Semarang, seperti Rest Area Kendal 1 [Km 360], Rest Area Kendal 2 [Km 379], dan Rest Area Saradan [Km 626],” katanya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa 3 Indonesia juga memprediksi akan ada kenaikan trafik data pada layanan mobile game, aplikasi instant messaging, serta media sosial.

“Pada 2019, 3 Indonesia mencatat ada lima aplikasi dengan peningkatan penggunaan yang signifikan. Kelima aplikasi tersebut antara lain aplikasi mobile game Free Fire sebesar 45 persen, WhatsApp di 40 persen, PUBG di 38 persen, Twitter sebesar 34 persen, dan TikTok di angka 23 persen,” katanya

Terakhir, Desmond mengatakan bahwa hingga akhir 2020, perusahaan telah memiliki 44.000 BTS 4.5G Pro yang hadir di lebih dari 37.000 desa dan menjangkau lebih dari 200 juta populasi di seluruh Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

operator telekomunikasi jaringan seluler 3 Indonesia
Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top