Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemain Startup Makin Ramai pada 2021, Ini Alasannya

Asosiasi Digital Kreatif Indonesia (Aditif) menilai tahun depan persaingan bisnis startup di Indonesia akan makin ketat usai pandemi Covid-19.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 21 Desember 2020  |  18:41 WIB
Ilustrasi startup. - olpreneur.com
Ilustrasi startup. - olpreneur.com

Bisnis.com, JAKARTA – Prospek masyarakat untuk terjun ke dunia perusahaan rintisan (startup) diprediksi makin ramai pada 2021.

Pendiri Asosiasi Digital Kreatif Indonesia (Aditif) Saga Iqranegara mengatakan bahwa adopsi penggunaan teknologi yang makin tinggi akibat pandemi Covid-19 menjadi alasannya.

“Bahkan, investasi dari para pemilik modal kepada produk teknologi saya prediksikan juga akan terus meningkat di tahun depan,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Senin (21/12/2020).

Dia menaksir bahwa akan lahir startup-startup baru di bidang pendidikan, kesehatan, keuangan, dan agrikultur. Pasalnya, menurutnya pada bidang tersebut Indonesia telah memiliki ekosistem industri yang sudah siap, baik dari sisi talenta, teknologi, infrastruktur, dan permodalan.

“Ini hal yang baik untuk ekosistem industri startup digital karena dengan banyaknya pemain akan mendorong kompetisi yang itu baik juga untuk bisnis,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan akan hadir kembali beberapa isu merger atau kolaborasi dari para pelaku startup digital lain.

“Ke depan banyak yang sadar bahwa dengan berkolaborasi akan lebih banyak benefitnya dibandingkan bersaing tidak sehat,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top