Tokopedia Ingin Segera IPO, Merger dengan Bridgetown Jadi Opsi?

Akbar Evandio
Kamis, 17 Desember 2020 | 10:37 WIB
Seorang pegawai berjalan melewati logo Tokopedia/Tokopedia
Seorang pegawai berjalan melewati logo Tokopedia/Tokopedia
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Tokopedia dikabarkan tengah membahas potensi merger dengan Bridgetown Holdings Ltd, perusahaan investasi yang didukung miliarder Richard Li dan Peter Thiel.

Pihak manajemen Tokopedia akhirnya angkat bicara. Dia menyebutkan bahwa langkah pertumbuhan adopsi pasar semakin mendorong pertumbuhan bisnis Tokopedia selama masa pandemi. Hal ini menjadikan platform dagang elektronik (e-commerce) tersebut mengambil sikap.

“Kami tengah mempertimbangkan untuk mengakselerasi rencana kami untuk menjadi perusahaan publik, dan telah menunjuk Morgan Stanley dan Citi sebagai penasihat kami dalam hal ini. Saat ini, kami belum memutuskan pasar dan metode untuk ini,” ujar manajemen Tokopedia, Kamis (17/12/2020).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan perusahaan tengah mengkaji salah satu skema, yakni special purpose acquisition company (SPAC) atau perusahaan akuisisi bertujuan khusus. Namun, manajemen belum memutuskan apakah skema itu akan benar-benar digunakan nantinya.

“SPAC merupakan salah satu opsi yang potensial yang bisa kami pertimbangkan, namun belum ada yang kami putuskan untuk saat ini,” lanjutnya.

Dikutip dari Bloomberg, special vehicle company ini sedang menjajaki struktur dan kelayakan kesepakatan dengan Tokopedia, salah satu startup paling besar di Asia Tenggara, kata sumber tersebut.

Menurut catatan Bisnis.com, perusahaan yang didukung SoftBank Group Corp. dapat bernilai US$8 miliar hingga US$10 miliar dalam sebuah transaksi, kata orang-orang tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena diskusi tersebut bersifat pribadi.

Menurut sumber Bloomberg, negosiasi berada pada tahap awal dan Bridgetown masih bisa melihat target potensial lainnya. Taipan Hong Kong Li, yang perusahaan investasinya Pacific Century Group, juga memiliki perusahaan termasuk perusahaan asuransi FWD Group Ltd. yang sudah tercatat menjadi investor minoritas di Tokopedia.

Adapun, penggabungan dengan SPAC telah menjadi metode yang semakin populer untuk bisnis yang dimiliki untuk meningkatkan modal untuk pertumbuhan.

Potensi merger dengan Tokopedia juga akan sejalan dengan strategi yang ditetapkan Bridgetown dalam prospektusnya: fokus pada target di sektor teknologi, layanan keuangan atau media di Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper