Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sony Konfirmasi Kehadiran Variable Refresh Rate di PlayStation 5

Sony mengatakan bahwa fitur VRR untuk PlayStation 5 sedang dalam pengerjaan dan akan dihadirkan lewat pembaruan dalam waktu dekat.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 24 November 2020  |  09:51 WIB
Sony PlayStation 5 - Bloomberg
Sony PlayStation 5 - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Sony telah mengonfirmasi bahwa fitur kecepatan refresh variabel (variable refresh rate/VRR) belum didukung pada konsol Playstation 5 barunya.

Walaupun demikian, perusahaan asal Jepang itu juga menyebut bahwa fitur tersebut akan dihadirkan di kemudian hari. Tentunya itu terdengar aneh karena PlayStation 5 memiliki HDMI 2.1, yang mendukung VRR secara default.

Selain itu, pesaing PlayStation 5 besutan Microsoft, Xbox Series X, Series S dan One X semuanya telah mendukung VRR.

Melansir GSM Arena pada Selasa (24/11/2020), Sony mengatakan bahwa fitur VRR untuk PlayStation 5 sedang dalam pengerjaan dan akan dihadirkan lewat pembaruan dalam waktu dekat.

Tentu saja, perlu diingat bahwa meskipun Anda memiliki PlayStation 5 dan Sony merilis pembaruan untuk mengaktifkan VRR, harus dipastikan juga apakah televisi yang digunakan memiliki dukungan HDMI 2.1 juga untuk mengaktifkan VRR.

VRR merupakan fitur yang dicari-cari oleh pengguna konsol gim dengan frekuensi gambar berkualitas tinggi, mengingat VRR memungkinkan televisi menyesuaikan kecepatan refresh secara langsung. Selain itu, manfaat lain dari VRR adalah bisa menghilangkan gambar bergerak yang patah-patah atau terputus di tengah permainan.

Sebagai contoh, perangkat keras baru dapat melakukan 120fps pada 1080p dan 4K. Tetapi beberapa game cenderung mengalami penurunan framerate sesekali sehingga VRR sedikit memperhalus pengalaman bermain game.

Sony dijadwalkan meluncurkan konsol andalannya yang menggunakan prosesor x86-64-AMD Ryzen ‘Zen 2’ itu di Indonesia pada 22 Januari 2021. PS5 Digital Edition akan dijual dengan harga Rp7,29 juta dan PS5 dengan drive disk Ultra HD Blu-ray akan tersedia dengan harga Rp8,79 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

playstation sony
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top