Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kebijakan Transparansi untuk Ekstensi Google Chrome Berlaku Tahun Depan

Google telah memperkenalkan kebijakan baru yang akan berlaku mulai Januari 2021. Kebijakan tersebut mewajibkan pengungkapan penggunaan data untuk ekstensi di Toko Web Chrome.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 23 November 2020  |  11:08 WIB
Ilustrasi browser komputer - Creative Commons
Ilustrasi browser komputer - Creative Commons

Bisnis.com, JAKARTA - kabar gembira datang dari Google untuk pengguna Google Chrome. Raksasa teknologi itu akan menindak ekstensi yang tidak transparan dalam pengunaan data pengguna.

Melansir Engadget pada Senin (23/11/2020), Google telah memperkenalkan kebijakan baru yang akan berlaku mulai Januari 2021. Kebijakan tersebut mewajibkan pengungkapan penggunaan data untuk ekstensi di Toko Web Chrome.

Pembuat konten harus menjelaskan jenis data yang mereka kumpulkan, seperti info masuk atau informasi identitas pribadi. Mereka juga harus berjanji untuk menghormati kebijakan baru, yang melarang penjualan data ke pihak ketiga, menggunakan data untuk tujuan yang tidak terkait, dan mengandalkan data untuk pemeriksaan kredit dan peminjaman uang.

Pembuat ekstensi dapat mulai memberikan pengungkapan sekarang, meskipun pengungkapan tersebut tidak akan ditampilkan di Toko Web Chrome hingga 18 Januari 2021. Ada tekanan untuk mematuhi - Google akan menerapkan pemberitahuan ke daftar pengembang jika mereka tidak membuat pengungkapan tersebut sebelum 18 Januari 2020.

Tindakan tersebut tidak menjamin kejujuran dari produsen penyuluhan, karena pelaku penyalahgunaan dapat dengan mudah salah melaporkan apa yang mereka kumpulkan. Akan lebih mudah untuk mengusir pengembang yang tidak jujur setelah mereka tertangkap basah.

Kebijakan ini juga akan membantu dengan ekstensi papan atas. Jika Anda tahu apa yang benar-benar diinginkan sebuah ekstensi, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat tentang memasang tambahan itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

google chromebook
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top