Proyeksi Persaingan Streaming VoD Jaring Pelanggan di Indonesia

Akbar Evandio
Senin, 16 November 2020 | 11:01 WIB
Ilustrasi layanan streaming video./Bloomberg-Daniel Acker
Ilustrasi layanan streaming video./Bloomberg-Daniel Acker
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Platform streaming video on demand (SVoD) dinilai perlu untuk terus memperkaya konten eksklusif untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Hal ini disampaikan oleh Managing Partner Ideosource VC dan Gayo Capital, Edward Ismawan Chamdani. Menurutnya, kepemilikan konten eksklusif atau produksi dengan IP (intellectual property) menjadi penting bagi production house (PH) dan juga VoD untuk menarik dan menjaga loyalitas pelanggan baru.

“Selain itu, kerja sama dengan kanal distribusi seperti operator telekomunikasi juga perlu dijalankan oleh pemain baru [khususnya] skala global, ini juga terbukti efektif menjaring pelanggan baru,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Minggu (15/11/2020).

Lebih lanjut, selain kerja sama dengan operator selular dan perkuat lini konten eksklusif. Menurutnya, Penentuan harga langganan juga penting agar secara psikologis pengguna baru berminat untuk mencoba.

Menurutnya, strategi ini membuat pengguna makin terbiasa mengkonsumsi layanan VoD dan kembali ke konten dan harga yang sesuai akan menentukan pilihan mana mereka tertarik untuk berlangganan.

Edward pun mengatakan bahwa hingga akhir kuartal IV/2020 VoD akan menjadi pilihan menonton harian dengan adu konten series atau multi-episode yang ekslusif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper