Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Proyeksi Persaingan Streaming VoD Jaring Pelanggan di Indonesia

Persaingan slatform streaming video on demand (SVoD) bakal semakin ketat untuk memperebutkan pelanggan di Indonesia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 16 November 2020  |  11:01 WIB
Ilustrasi layanan streaming video. - Bloomberg/Daniel Acker
Ilustrasi layanan streaming video. - Bloomberg/Daniel Acker

Bisnis.com, JAKARTA – Platform streaming video on demand (SVoD) dinilai perlu untuk terus memperkaya konten eksklusif untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Hal ini disampaikan oleh Managing Partner Ideosource VC dan Gayo Capital, Edward Ismawan Chamdani. Menurutnya, kepemilikan konten eksklusif atau produksi dengan IP (intellectual property) menjadi penting bagi production house (PH) dan juga VoD untuk menarik dan menjaga loyalitas pelanggan baru.

“Selain itu, kerja sama dengan kanal distribusi seperti operator telekomunikasi juga perlu dijalankan oleh pemain baru [khususnya] skala global, ini juga terbukti efektif menjaring pelanggan baru,” katanya saat dihubungi Bisnis.com, Minggu (15/11/2020).

Lebih lanjut, selain kerja sama dengan operator selular dan perkuat lini konten eksklusif. Menurutnya, Penentuan harga langganan juga penting agar secara psikologis pengguna baru berminat untuk mencoba.

Menurutnya, strategi ini membuat pengguna makin terbiasa mengkonsumsi layanan VoD dan kembali ke konten dan harga yang sesuai akan menentukan pilihan mana mereka tertarik untuk berlangganan.

Edward pun mengatakan bahwa hingga akhir kuartal IV/2020 VoD akan menjadi pilihan menonton harian dengan adu konten series atau multi-episode yang ekslusif.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

streaming video on demand (vod)
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top