Penjualan PlayStation 2 Terlaris Sepanjang Masa! PS4 Kalah Jauh

Akbar Evandio
Sabtu, 14 November 2020 | 13:14 WIB
Konsol PlayStation 2. /Dok. playstation.com
Konsol PlayStation 2. /Dok. playstation.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Konsol gim PlayStation 5 (PS5) telah terjual habis sejak dijual di sejumlah pasar utama pada 12 November 2020, termasuk di negara asalnya, Jepang.

Adapun situs penjualan Mercari Inc di Jepang yang dikutip, Sabtu (14/11/2020), menyebutkan generasi konsol terbaru yang dibanderol seharga US$500 (sekitar Rp5,7 juta) dan US$400 (sekitar Rp7,1 juta) tanpa disk-drive ini terjual habis di berbagai situs retail di Jepang.

Sementara itu, peritel besar AS seperti Amazon, Best Buy, dan Gamestop juga mengalami kehabisan stok hanya beberapa saat setelah penjualan berlangsung. Setiap konsol gim besutan Sony selalu memiliki minat pasar yang tinggi. Bahkan, telah 25 tahun PlayStation menemani masyarakat di seluruh dunia sehingga bagaimana sebenarnya potensi penjualan konsol gim ini.

Bisnis.com mencoba untuk merangkum harga dan hasil penjualan PlayStation:

1. PlayStation
Sony pertama kali terjun pasar konsol pada 3 Desember 1994 dengan merilis PlayStation. Konsol ini berhasil menjual 100.000 unit pada hari pertama, dan dua juta unit setelah enam bulan di pasar. Sampai akhir tahun 1996, tercatat kalau lebih dari 400 judul game yang telah dikembangkan untuk konsol PlayStation.

2. PlayStation One
Selanjutnya, pada 2000 Sony kembali merilis generasi PlayStation selanjutnya yang dinamai PlayStation One (PS One) yang  mencetak angka penjualan sebanyak 102,4 juta unit.

3. PlayStation 2
Sony pun merilis juga konsol generasi kedua Playstation pada Maret 2000 untuk wilayah Jepang, setelah itu menyusul wilayah Amerika Serikat dan Eropa pada 2001.

PS2 mencatat telah ada lebih dari 3.800 judul gim yang dirilis untuk konsol PS2, dengan lebih dari 1,5 miliar unit gim terjual di seluruh dunia. Sedangkan, untuk penjualan PlayStation 2 mencapai angka 155 juta unit.

4. PlayStation Portable (PSP)
Sony pun juga melihat adanya perkembangan perangkat mobile yang kian pesat sehingga merilis handheld bernama PlayStation Portable (PSP) yang berhasil terjual lebih dari 70 juta unit.

5. PlayStation 3
Pada tahun 2006 Sony akhirnya merilis PlayStation 3 (PS3) di Jepang. Konsol generasi ketiga ini membawa sejumlah pembaruan yang cukup signifikan, salah satunya grafis yang lebih baik karena ditunjang dengan spesifikasi yang dimiliki. Namun, tidak seperti PS2, kontol generasi ketiga ini hanya berhasil terjual sebanyak lebih dari 84 juta unit saja.

6. PlayStation 4
Pada 2013, Sony akhirnya merilis konsol generasi keempat miliknya yaitu PlayStation 4 (PS4) yang menggunakan prosesor AMD Jaguar x86-64 eight core.

Lalu ada chip prosesor kedua juga buat memperlancar multitasking yang membuat pengguna bisa main sambil memperbaharui atau mengunduh gim terbaru. Adapun, hingga saat ini angka penjualan antara PS4 di global mencapai 112 juta unit sejak dirilis pada 2013 dan diprediksi akan terus bertambah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper