Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dicari 1.000 Anak Muda untuk Bangun Startup Digital di Jateng

Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop-UMKM) Provinsi Jawa Tengah melaksanakan program Hetero for Startup. Bekerjasama dengan ruang kerja bersama Hetero Space dan Sampoerna Untuk Indonesia, program ini akan dimulai pada bulan Oktober–Desember 2020.
Muhammad Faisal Nur Ikhsan
Muhammad Faisal Nur Ikhsan - Bisnis.com 29 Oktober 2020  |  17:02 WIB
Ilustrasi: Startup
Ilustrasi: Startup

Bisnis.com, SEMARANG – Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop-UMKM) Provinsi Jawa Tengah melaksanakan program Hetero for Startup. Bekerjasama dengan ruang kerja bersama Hetero Space dan Sampoerna Untuk Indonesia, program ini akan dimulai pada bulan Oktober–Desember 2020.

Program ini ditargetkan dapat menjaring 1000 anak muda Jawa Tengah untuk memulai usaha rintisan atau start-up. “Sekarang era digital, kita ingin mendorong generasi muda kita untuk berwirausaha yang sesuai dengan jiwa mereka,” ungkap Ema Rachmawati, Kepala Dinkop-UMKM Jateng pada Bisnis, Kamis (29/10/2020).

Ema berharap anak muda di Jawa Tengah dapat memanfaatkan program ini untuk mulai mengembangkan embrio usaha rintisannya. Pasalnya, program ini tak hanya berisikan pelatihan berbentuk bootcamp, tapi juga akan memberikan fasilitas inkubasi bisnis, hingga bantuan permodalan hingga Rp. 50.000.000 bagi tim yang terpilih hingga tahap akhir.

Program ini juga berupaya untuk memberdayakan aset non-fisik. “Start-up itu masuknya ekonomi kreatif. Tapi mereka punya usaha dan dia punya omzet. Bedanya [dengan UMKM] asetnya yang tanah dan bangunan, kalau start-up asetnya di otak. Di UU Omnibus Law aset tidak hanya berhenti pada yang fisik, tapi juga ide kreatif,” ungkap Ema.

Hetero Space sendiri merupakan ruang kerja bersama (co-working space) yang diinisiasi oleh Dinkop-UMKM Jateng untuk mewadahi kegiatan usaha rintisan (start-up) serta UMKM di Jawa Tengah. Ruang kerja bersama ini didirikan untuk membentuk ekosistem ekonomi kreatif di Jawa Tengah. Sehingga dapat memberikan kontribusi lebih bagi perekonomian di Jawa Tengah.

Ruang kerja bersama ini tak hanya digunakan untuk kegiatan operasional harian bagi pelaku usaha rintisan di Jawa Tengah. Hetero Space juga menyediakan ruang meeting dan panggung pertunjukan yang dilengkapi dengan layar, proyektor, hingga sound system sendiri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp ekonomi jateng
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top