Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Buruan Tarik Dana di XL Tunai Sebelum 1 November, Ini Caranya

Untuk menutup akun XL Tunai, pengguna harus mengakses menu USSD yang difasilitasi oleh XL Axiata, yakni melalui *808#.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  14:40 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mengimbau supaya pengguna XL Tunai segera menarik sisa saldo di akun XL Tunai sebelum 1 November 2020, seiring dengan rencana perseroan yang akan menutup layanan XL Tunai.

Seperti dilansir dari website xl.co.id, terdapat sejumlah persyaratan dan cara yang harus ditempuh oleh pengguna XL untuk menarik atau mentransfer saldo mereka ke rekening bank atau ke aplikasi GoPay.

Untuk menutup akun XL Tunai, pengguna harus mengakses menu USSD yang difasilitasi oleh XL Axiata, yakni melalui *808#. Di sana pemegang akun dapat melakukan transaksi kirim uang ke rekening bank milik pemegang atau ke akun GoPay milik pemegang dalam rangka penampungan sisa saldo XL Tunai.

Selain itu, untuk kemudahan penutupan akun, pemegang dapat melakukan pembelian pulsa XL/Axis untuk menghabiskan sisa saldo akun XL Tunai-nya.

Sesuai dengan regulasi yang berlaku, pemegang akun XL Tunai tipe Premium  dapat melakukan transaksi pengiriman uang ke rekening bank, sedangkan pemegang akun XL Tunai tipe Basic tidak dapat mencairkan sisa saldonya.

Namun, untuk keperluan penutupan akun XL Tunai, sesuai dengan persetujuan dari pihak Bank Indonesia sebagai regulator, XL memberi kesempatan satu kali kepada pemegang akun XL Tunai tipe Basic untuk melakukan transaksi penarikan dana maupun pengiriman uang khusus dalam rangka penutupan akun XL Tunai.

Penutupan akun XL Tunai melalui transaksi kirim uang ke rekening bank mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  • Nilai minimal yang dapat ditransfer dari akun XL Tunai ke rekening bank adalah Rp10.000.
  • Untuk setiap pengiriman uang melalui kirim uang ke rekening bank, pemegang akan dikenai biaya Rp6.500 per transaksi yang akan dikurangkan secara otomatis dari akun XL Tunai pemegang.
  • Oleh karena itu, pemegang akan melakukan pengiriman sisa saldo XL Tunai setelah dikurangi biaya transfer sebesar Rp6.500 ke rekening bank yang valid untuk mengakhiri penggunaan akun XL Tunai.

Kemudian untuk penutupan akun XL Tunai melalui transaksi kirim uang ke akun GoPay milik pemegang mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  • Akun GoPay milik pemegang wajib didaftarkan pada nomor XL/AXIS yang sama dengan nomor XL/AXIS yang terdaftar pada akun XL Tunai-nya.
  • Transaksi pengiriman uang ini tidak dikenakan biaya (gratis) sehingga untuk setiap pengiriman uang ke akun GoPay milik pemegang, pemegang akan memperoleh nilai yang sama dengan nilai sisa saldo akun XL Tunai-nya.
  • Pemegang akan memperoleh sisa saldo XL Tunai-nya pada akun GoPay milik pemegang dalam waktu selambatnya lima hari kerja sejak transaksi dilakukan oleh pemegang via UMB *808#.

Selain dengan transaksi pengiriman uang dalam rangka penutupan akun XL Tunai, pemegang juga masih dapat melakukan transaksi pembelian pulsa XL/Axis untuk menghabiskan sisa saldo XL Tunai-nya. Penutupan akun XL Tunai melalui transaksi pembelian pulsa XL/Axis mengikuti ketentuan sebagai berikut:

  • Pembelian pulsa XL/Axis akan menghabiskan sisa saldo XL Tunai milik pemegang dalam rangka penutupan akun XL Tunai-nya.
  • Pemegang akan memperoleh pulsa XL/Axis sejumlah nilai sisa saldo XL Tunai-nya dalam waktu selambatnya lima hari kerja sejak transaksi dilakukan oleh pemegang via UMB *808#

Khusus Pemegang akun XL Tunai tipe Basic (unregistered) yang tidak memiliki PIN (pemegang tipe 1) yang hendak melakukan transaksi pengiriman uang ke rekening bank/akun GoPay atau melakukan pembelian pulsa XL/Axis, dapat melakukan validasi akun XL Tunai-nya terlebih dahulu sebagai berikut:

  • Mengirimkan pos-el (e-mail) ke xltunaivalidation@xl.co.id, dengan Subject: Validasi Data Pemegang Type 1.
  • Mengikuti petunjuk yang diberikan via pos-el untuk proses validasi data pemegang.
  • Proses validasi data Pemegang XL Tunai akan memerlukan waktu selambatnya lima hari kerja sejak penyampaian data dilakukan oleh pemegang.

XL menegaskan bahwa syarat dan ketentuan penutupan akun XL Tunai ini diatur dan diartikan menurut hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

XL Axiata dapat mengubah syarat dan ketentuan ini dengan pemberitahuan kepada pemegang atau diumumkan melalui www.xl.co.id/id/xltunai dan www.axis.co.id/announcement/announcement.

Pertanyaan dan keluhan pemegang terkait penutupan akun XL Tunai, dapat disampaikan melalui fitur live chat yang tersedia di www.xl.co.id/id/xltunai (untuk pelanggan XL) dan secara lisan melalui Call Center 838 (untuk pelanggan Axis).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl tunai dompet digital
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top