Podcast Ekslusif Spotify Bakal Jadi Acara Televisi dan Film

Rezha Hadyan
Jumat, 25 September 2020 | 01:55 WIB
Spotify/Reuters-Christian Hartmann
Spotify/Reuters-Christian Hartmann
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Spotify ingin mengubah lebih banyak siniar atau podcast ekslusifnya menjadi acara televisi dan film.

Keinginan tersebut diwujudkan lewat perjanjian kemitraan perusahaan asal Swedia dengan Chernin Entertainment, perusahaan produksi di balik Ford v Ferrari, Hidden Figures, dan New Girl, untuk mengembangkan promosi televisi dan film berdasarkan podcast eksklusif Spotify.

Mengutip  The Verge, Jumat (25/9/2020), kemitraan yang diumumkan pada Kamis (24/9/2020) waktu setempat itu membuat Chernin berhak mendapatkan kesempatan pertama untuk mengembangkan hak kekayaan intelektual milik Spotify, khususnya siniar.

Spotify mengatakan perpustakaannya sekarang terdiri dari lebih dari 250 program ekslusif. Chernin dapat mengembangkannya menjadi bentuk lain, tak terkecuali acara televisi dan film .

Spotify memiliki salah satu perpustakaan terbesar dari IP tidak terikat yang ada di dunia saat ini dan perpustakaan itu ditambahkan setiap hari. 

"Harta karun berupa konten plus akselerasi suara dan cerita baru memberikan peluang besar untuk mengubah cerita dan hak kekayaan intelektual yang membuatnya potensial untuk dijadikan konten visual,” ujar Chernin dalam pernyataan resminya.

Mengubah siniar menjadi film dan acara terbukti menjadi penghasil uang yang potensial bagi perusahaan.

Chernin, Spotify, dan Pineapple Street Media sudah berkolaborasi dalam sebuah adaptasi TV dari The Clearing.

Gimlet Media, yang sekarang dimiliki Spotify, juga mengubah acaranya Homecoming menjadi serial original Prime Video.

Siniar lebih murah dan lebih mudah dibuat daripada acara televisi dan dapat membuktikan nilai cerita sebelum studio berkomitmen mendanai produksi di layar yang mahal.

Bahkan bintang film, seperti Rami Malek, membintangi siniar fiksi, menetapkan diri mereka sendiri sebagai bintang audio dengan potensi untuk ikut serta dalam adaptasi visual acara mereka.

Spotify, yang bermitra dengan Chernin, memiliki perusahaan produksi terkemuka yang siap mencari peluang untuk memanfaatkan katalog perusahaan tanpa harus mempekerjakan orang Spotify di Hollywood.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper