Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sistem Operasi iOS 14 Telah Hadir, Catat Ragam Fitur Barunya

Apple mengumumkan jadwal rilis sistem operasi mobile terbarunya, iOS 14 yang hadir di perangkat iPhone pada hari ini, 16 September 2020.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 16 September 2020  |  12:31 WIB
iPad Air 2020 (apple.com)
iPad Air 2020 (apple.com)

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan teknologi multinasional, Apple mengumumkan jadwal rilis sistem operasi mobile terbarunya, iOS 14 yang hadir di perangkat iPhone pada Hari ini, 16 September 2020.

Dikutip melalui laman resmi Apple, iOS 14 dikatakan akan menghadirkan tampilan baru untuk hal-hal yang paling sering pelanggan lakukan.

“Fitur baru membantu Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan, saat itu juga. Dan aplikasi yang kerap Anda gunakan menjadi jauh lebih cerdas, lebih personal, dan lebih privat,” tulis Apple seperti yang dikutip Bisnis, Rabu (16/9/2020).

Adapun berikut ragam fitur baru yang hadir pada iOS 14:

App Library

Apple Library akan menata semua aplikasi pengguna secara otomatis ke dalam sebuah tampilan yang sederhana dan mudah ditelusuri. Aplikasi diurutkan berdasarkan kategori, dan aplikasi yang paling sering digunakan dapat diakses dengan sekali ketuk saja.

Panggilan tampil ringkas

Panggilan pada iPhone, FaceTime, dan aplikasi pihak ketiga yang pengguna gunakan ditampilkan dalam desain ringkas baru yang tidak memenuhi layar.

Gambar dalam Gambar

Kini pengguna dapat terus menonton video atau melanjutkan panggilan FaceTime sambil menggunakan aplikasi lain.

Widget

Apple mendesain ulang widget lebih menarik dan mudah diakses. Kini pengguna bisa menempatkannya di home screen dengan berbagai pilihan ukuran.

Terjemahkan

Fitur ini memberikan pengalaman agar percakapan dalam bahasa apa pun semestinya bisa dibaca dengan natural dan mudah dipahami, serta tetap bersifat privat. Fitur ini dirancang untuk membantu percakapan dalam 11 bahasa berbeda. Cukup putar ponsel ke mode lanskap dan ketuk tombol mikrofon untuk mengucapkan sesuatu.

Pesan

iOS 14 menghadirkan cara baru untuk tetap terhubung dengan percakapan dengan dihadirkan fitur pin yang membuat pengguna dapat menempatkan percakapan penting di atas sehingga tidak tertimbun dengan chat lain. Apple pun memberikan Emoji berdasarkan umur. Selain itu diperkenalkan Group yang makin memudahkan berkomunikasi

Peta

Salah satu fitur yang dihadirkan di iOS 14 adalah petunjuk arah bersepeda yang memberikan pengguna bantuan untuk mendapatkan petunjuk arah bersepeda dengan melewati jalur sepeda, jalan kecil, dan jalan raya. Pengguna juga dapat melihat jalanan menanjak, jalanan yang ramai, jalur berundak, dan jalur yang curam saat merencanakan rute perjalanan.

CarPlay 

Dihadirkan wallpaper sehingga lebih mempercantik penampilan. Dan kini bisa memfungsikan iPhone menjadi kunci mobil.

App Clips

Kini dihadirkan App Clips yang memungkinkan aplikasi yang digunakan saat digunakan. Diklaim ringan dan dan cepat. App Clips bisa ditemukan dari web, pesan, peta, ketuk pada tag NFC atau pindai kode QR.

Adapun untuk kebutuhan pembaruan ke iOS 14 pengguna wajib melakukan backup terlebih dulu, yang bisa dilakukan melalui iCloud atau iTunes di desktop.

Selanjutnya, pengguna perlu untuk memastikan baterai iPhone dalam kondisi penuh dan baiknya terhubung dengan WiFi. Kemudian, buka pilihan Setting setelah itu General dan klik tombol Software Update yang bila sudah muncul keterangan iOS 14 tekan Download dan Install.

Sementara itu, bagi pengguna di Indonesia diperkirakan pembaruan ini bisa dilakukan mulai pukul 12.00 WIB. Tetapi, kemungkinan lainnya pembaruan ini hadir pada 17 September pukul 00.00 WIB.

Dikutip melalui GSM Arena iOS 14 ini akan mendukung seluruh perangkat Apple yang menjalankan iOS 13.

Berikut adalah daftar lengkap perangkat yang akan mendapat pembaruan dan mendukung iOS 14:

  • iPhone SE (2020)
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone X
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone SE
  • iPhone 6s
  • iPhone 6s Plus
  • iPod touch generasi ke-7

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple iphone
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top