Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group
Ilustrasi situs Blanja.com -  Dok. Istimewa
Premium

Blanja.com Ditutup, Menguak Manuver Anak Muda Telkom (TLKM)

05 September 2020 | 09:00 WIB
Penutupan situs e-commerce Blanja.com beberapa waktu lalu menyisakan cerita bahwa ada anak muda yang berani untuk mencoba mengambil risiko.

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah delapan tahun ‘berdarah-darah’ di dunia perdagangan berbasis elektronik, Blanja.com memutuskan untuk undur diri per 1 September 2020. Mereka mengumumkan telah berhenti beroperasi dan meminta para pelanggan menarik saldo yang masih tertinggal di Dompet Blanja.

Peristiwa ini pun menuai banyak respons, mengingat ada 'raksasa' yang menyokong di belakang Blanja.com yang sekelas PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Persero) dan eBay. Mengenai hal ini, Direktur Digital Business Telkom, Fajrin Rasyid angkat bicara. Penutupan Blanja.com, diakuinya, sejalan dengan program transformasi perusahaan.

Terhitung 1 Oktober 2020 Telkom hanya akan fokus pada bisnis e-commerce di segmen korporasi dan UMKM melalui transaksi business to business (B2B). Telkom bakal fokus mengembangkan Platform Pasar Digital (PaDi) UMKM untuk mengembangkan bisnis dan ekosistem UMKM. Telkom bersama 8 BUMN lain.

Sementara itu, Chief of Marketing PT Jarvis Asset Management, Kartika Sutandi menilai bahwa di dalam setop beroperasinya Blanja.com, terdapat sentuhan mantan pentolan Bukalapak, Fajrin Rasyid.

Dia mengatakan karakteristik peminpin muda seperit Fajrin adalah mengambil keputusan secara cepat dan berani. Dengan melihat bisnis Blanja.com yang tidak berkembang, ditambah dengan persaingan keras di kelas business to customer (B2C), maka jalan terbaik adalah berhenti beroperasi.

“Kalau anak muda hajar dulu, orang tua kan pemikirannya jauh, cari aman, padahal kalau mau bisnis anorganik itu harus berani,” kata Kartika kepada Bisnis.com, Jumat (4/9/2020).

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top