Kamera Canon Bisa Otomatis Unggah Foto Langsung ke Google Photos

Rezha Hadyan
Kamis, 27 Agustus 2020 | 12:19 WIB
Kamera Canon
Kamera Canon
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar gembira bagi Anda pengguna kamera Canon. Pasalnya, foto atau video dari kamera dapat diunggah secara otomatis ke platform penyimpanan dan berbagi foto Google Photos.

Melansir The Verge pada Kamis (27/8/2020, fitur unggah atau pencadangan otomatis ke Google Photos sudah tersedia di aplikasi image.canon versi iOS maupun Android. Namun, perlu dicatat bahwa fitur ini hanya tersedia di beberapa tipe kamera dan versi terbaru dari aplikasi image.canon saja.

Setelah fitur terbaru itu berhasil Anda aktifkan, seluruh foto dan video yang tersimpan dalam kamera akan disinkronisasikan secara otomatis ke Google Photos dengan ukuran dan kualitas sebenarnya.

Tentunya sinkronisasi baru akan dilakukan ketika kamera terhubung dengan ponsel melalui Wi-Fi dan ponsel terhubung dengan jaringan internet.

Fitur unggah dan pencadangan otomatis di Google Photos merupakan pengembangan dari fitur yang diluncurkan pada Februari lalu. Kala itu, Canon meluncurkan fitur pencadangan foto atau video berbasis komputasi awan di image.canon. Video atau foto yang berhasil dicadangkan dapat dengan mudah diunggah ke sejumlah platform, mulai dari Google Drive hingga YouTube.

Namun, mengunggah atau mencadangkan foto secara langsung dari kamera ke Google Photos melalui image.canon memerlukan keanggotaan Google One terlebih dahulu. Sudah barang tentu, keanggotaan tersebut tidak gratis.

Google menawarkan pelanggan Canon masa percobaan selama satu bulan ke Google One dengan kapasitas ruang penyimpanan 100GB untuk merasakan manfaat yang ditawarkannya.

Setelah masa percobaan selesai, Google One menawarkan paket berlangganan mulai dari USD2 per bulan untuk ruang penyimpanan berkapasitas paling sedikit 100GB.

Awal bulan ini, Canon menghentikan sementara image.canon setelah beberapa foto dan video yang disimpan hilang. Adobe juga mengalami masalah yang mengkhawatirkan awal bulan ini ketika terungkap bahwa beberapa foto yang disinkronkan ke Lightroom di cloud telah hilang secara permanen. Sejauh ini Google Photos belum mengalami masalah seperti itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rezha Hadyan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper