Pandemi Covid-19 Bikin Era Digitalisasi Datang Lebih Cepat

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 26 Agustus 2020 | 19:53 WIB
Ilustrasi transformasi digital/Flickr
Ilustrasi transformasi digital/Flickr
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 diyakini telah mempercepat era digitalisasi di Tanah Air, hal ini membuka peluang bagi perusahaan rintisan untuk masuk ke berbagai sektor termasuk pemerintahan.

Pengamat perusahaan rintisan dari Universitas Muhammadiyah Tangerang Rully mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah menciptakan kebiasaan dan peradaban yang baru.

Hal ini menjadi pintu gerbang bagi perusahaan rintisan yang bergerak di bidang teknologi untuk masuk ke pemerintahan. Menurutnya, saat ini era digital telah dimulai di berbagai sektor.

“Jika kita tidak mengikuti perkembangan dan tidak mendorog ke arah itu, jelas kita akan menjadi 'primitif',” kata Rully kepada Bisnis.com Rabu (26/8/2020).

Dia juga berpendapat pendanaan yang disiapkan oleh MDI Ventures, merupakan upaya pemerintah dalam mempercepat digitalisasi di pemerintahan ataupun BUMN. Menurutnya pemerintah harus segera melakukan digitalisasi di berbagai sektor, sebab era digital tiba lebih cepat di Tanah Air akibat pandemi Covid-19.

“Percepatan era digital lebih cepat dari apa yang diperkirakan, jika tidak disegerakan kita akan hanya menjadi pasar dengan segala ketertinggalanya,” ujannya.

Sekadar catatan, sejumlah perusahaan rintisan mulai bergerak masuk ke pasar pemerintahan di tengah pandemi Covid-19.

Fox Logger, perusahaan startup teknologi Internet of Things (IoT), telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Bali untuk membantu keduanya dalam hal pelayanan publik.

Fox Logger berkomitmen untuk memperluas pasar di pemerintahan seiring dengan kebutuhan pemerintah daerah yang makin meningkat akan teknologi, khususnya saat pandemi ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper