Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pandemi Covid-19 Bikin Era Digitalisasi Datang Lebih Cepat

Pandemi Covid-19 turut mempercepat era digitalisasi Tanah Air, sehingga membuat perusahaan rintisan berebut segmen pasar, termasuk ke pemerintahan.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 26 Agustus 2020  |  19:53 WIB
Ilustrasi transformasi digital - Flickr
Ilustrasi transformasi digital - Flickr

Bisnis.com, JAKARTA – Pandemi Covid-19 diyakini telah mempercepat era digitalisasi di Tanah Air, hal ini membuka peluang bagi perusahaan rintisan untuk masuk ke berbagai sektor termasuk pemerintahan.

Pengamat perusahaan rintisan dari Universitas Muhammadiyah Tangerang Rully mengatakan bahwa pandemi Covid-19 telah menciptakan kebiasaan dan peradaban yang baru.

Hal ini menjadi pintu gerbang bagi perusahaan rintisan yang bergerak di bidang teknologi untuk masuk ke pemerintahan. Menurutnya, saat ini era digital telah dimulai di berbagai sektor.

“Jika kita tidak mengikuti perkembangan dan tidak mendorog ke arah itu, jelas kita akan menjadi 'primitif',” kata Rully kepada Bisnis.com Rabu (26/8/2020).

Dia juga berpendapat pendanaan yang disiapkan oleh MDI Ventures, merupakan upaya pemerintah dalam mempercepat digitalisasi di pemerintahan ataupun BUMN. Menurutnya pemerintah harus segera melakukan digitalisasi di berbagai sektor, sebab era digital tiba lebih cepat di Tanah Air akibat pandemi Covid-19.

“Percepatan era digital lebih cepat dari apa yang diperkirakan, jika tidak disegerakan kita akan hanya menjadi pasar dengan segala ketertinggalanya,” ujannya.

Sekadar catatan, sejumlah perusahaan rintisan mulai bergerak masuk ke pasar pemerintahan di tengah pandemi Covid-19.

Fox Logger, perusahaan startup teknologi Internet of Things (IoT), telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Bali untuk membantu keduanya dalam hal pelayanan publik.

Fox Logger berkomitmen untuk memperluas pasar di pemerintahan seiring dengan kebutuhan pemerintah daerah yang makin meningkat akan teknologi, khususnya saat pandemi ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi Internet of Things
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top