MediaTek Rilis Dimensity 800U

Akbar Evandio
Selasa, 18 Agustus 2020 | 13:38 WIB
Chipset 5G Kelas Menengah Baru dari MediaTek./istimewa
Chipset 5G Kelas Menengah Baru dari MediaTek./istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA --  Perusahaan semikonduktor global, MediaTek memperkenalkan sistem dalam keping (SoC) 5G terbarunya, Dimensity 800U sebagai anggota terbaru di lini MediaTek Dimensity.

Untuk diketahui, sistem dalam keping (System-on-a-Chip/SoC) adalah sebuah sirkuit terpadu yang menintegrasikan semua komponen dalam komputer atau sistem elektronik lainnya dalam satu keping.

Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek mengungkapkan bahwa Chipset 7nm Dimensity 800U dirancang untuk kinerja tinggi multi-core dan teknologi 5G+5G Dual Sim Dual Standby (DSDS).

“Dengan Dimensity 800U MediaTek terus mempercepat ketersediaan teknologi 5G dan memberikan pengalaman premium di smartphone 5G kelas menengah. Kami selalu berfokus dalam meningkatkan pengalaman pengguna dengan teknologi semikonduktor terdepan kami, baik itu kegiatan streaming, gim, atau mengambil foto,” katanya lewat rilisnya, Selasa (18/8/2020)

Dia menjelaskan bahwa modem 5G terintegrasi di MediaTek Dimensity 800U tidak hanya mendukung jaringan sub-6GHz SA dan NSA, tapi juga mendukung teknologi-teknologi canggih seperti 5G+5G dual SIM dual standby (DSDS), Voice over New Radio (VoNR) ganda, dan 5G two carrier aggregation (2CC 5G-CA).

Dengan teknologi MediaTek 5G UltraSave, modus operasional modem ini diatur berdasarkan lingkungan jaringan dan kualitas transmisi data, memperpanjang umur baterai.

Dia mengklaim bahwa SoC ini memiliki CPU okta-core dengan klaster ganda yang terdiri dari dua prosesor Arm Cortex-A76 dengan kecepatan 2,4GHz dan enam prosesor Arm Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz, menawarkan kinerja luar biasa. Dimensity 800U mengintegrasikan sebuah GPU Arm Mali-G57, AI processing unit (APU) independen dan RAM LPDDR4x.

Selain itu, cip ini mendukung untuk layar 120Hz FHD+ dengan rata-rata penyegaran (refresh rate) tinggi untuk gaming dan streaming yang lebih cepat dan lancar.

Adapun cip ini juga memberikan dukungan untuk voice on wakeup (VoW) dan teknologi pengurangan kebisingan mic-ganda, mengurangi konsumsi daya standby dari asisten suara, dan memampukannya untuk mendengar suara dengan jelas dalam kondisi berisik eksternal sekali pun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper