Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Dia Dimensity 720, Chipset 5G Kelas Menengah Baru dari MediaTek

Chipset 5G dari Mediatek dimensi 720 memiliki kemampuan memberikan tampilan baik dan pencitraan tingkat tinggi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 23 Juli 2020  |  15:38 WIB
Chipset 5G Kelas Menengah Baru dari MediaTek. - istimewa
Chipset 5G Kelas Menengah Baru dari MediaTek. - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - MediaTek hari resmi mengumumkan kehadiran Dimensity 720, chipset 5G terbarunya yang diperuntukkan bagi perangkat kelas menengah atau mid-range.

Dimensity 720 merupakan bagian dari lini chipset 5G MediaTek yang termasuk rangkaian chipset mulai dari Dimensity 1000 untuk perangkat 5G papan atau flagship hingga seri Dimensity 800 dan 700 untuk perangkat-perangkat 5G kelas menengah yang lebih terjangkau.

Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek Yenchi Lee mengatakan  Dimensity 720 menetapkan standar baru bagi perangkat kelas menengah. Chipset tersebut diklaim mampu menghasilkan pengalaman dan teknologi 5G lengkap untuk perangkat-perangkat yang lebih terjangkau bagi konsumen pasar yang lebih luas.

"Chip ini sangat irit daya, memiliki kinerja luar biasa serta teknologi-teknologi tampilan dan pencitraan tingkat tinggi. Gabungan seluruhnya akan membantu para pembuat smartphone dalam mengembangkan berbagai perangkat 5G yang berbeda untuk para konsumen di seluruh dunia,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima oleh Bisnis pada Kamis (23/07/2020).

 

Yenchi menjelaskan chipset Dimensity 720 7nm terintegrasi dengan modem 5G yang diklaim paling irit daya di kelasnya. Chipset ini dibangun dengan teknologi Mediatek 5G UltraSave yang menggunakan kecerdasan kemawasan jaringan dan konten untuk mengelola modus operasional modem dalam real-time untuk memperpanjang umur baterai.

Dengan dua inti besar Arm Cortex-A76 yang beroperasi di 2GHz dalam CPU delapan-inti, chipset juga diklaim mampu meningkatkan tingkat respon aplikasi untuk pengalaman pengguna yang lebih lancer. Dimensity 720 juga memiliki GPU kelas Arm mali G57, memori LPDDR4X cepat dan universal flash storage (UFS) 2.2 untuk kecepatan baca/tulis yang lebih tinggi.

"Chipset ini juga mengintegrasikan fitur-fitur luar biasa dalam multimedia, konektivitas dan pencitraan untuk pengalaman pengguna keseluruhan yang lebih baik," tambahnya.

Adapun, fitur-fitur yang dimaksud antara lain dukungan chipset terhadap layar dengan frame-rate tinggi 90Hz, kemampuan streaming video lebih baik dengan pemutaran video MiraVision HDR10+, opsi konfigurasi fleksibel untuk kamera dengan dukungan hingga 64MP dengan dukungan kecerdasan buatan.

Selanjutnya ada fitur Voice Wakeup (VoW) terintegrasi untuk meminimalkan konsumsi daya dari asisten suara yang always-on, dan penekanan kebisingan mikrofon ganda sehingga asisten suara bisa mendengar pengguna dengan lebih baik bahkan dalam keadaan bising.

Terakhir, chipset ini telah mendukung berbagai teknologi konektivitas terbaru, termasuk dua agregasi operator (2CC CA), Voice over New Radio (VoNR), dan SIM ganda 5G/4G, standby ganda (DSDS) untuk menyediakan koneksi terbaik bagi pengguna perangkat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartphone gadget mediatek chipset
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top