Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

XL Axiata Ikut Lelang Frekuensi 2300 MHz

XL Axiata Tbk. menegaskan akan mengikuti lelang pita frekuensi radio 2300 MHz untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 05 Agustus 2020  |  12:07 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. menegaskan akan mengikuti lelang pita frekuensi radio 2300 MHz yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa frekuensi merupakan sumber daya yang terbatas. Seluruh operator membutuhkan frekuensi untuk memperluas dan meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Saat ini, XL tengah memanfaatkan lebar pita sebesar 45 MHz yang tersebar di 900 MHz, 1800 MHz, dan 2100 MHz. Dengan jumlah lebar pita tersebut, hingga kuartal I/2020, XL mampu melayani 55,5 juta pelanggan.

XL menempati urutan ketiga sebagai operator dengan jumlah pelanggan terbanyak setelah Indosat dan Telkomsel.

“XL Axiata berminat, karena frekuensi merupakan sumber daya terbatas dan kami masih membutuhkan untuk perluasan kapasitas jaringan XL Axiata,” kata Ayu kepada Bisnis.com, Rabu (5/8/2020).

Sekedar catatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berencana melakukan lelang pita frekuensi radio 2300 MHz untuk keperluan layanan pita lebar nirkabel atau wireless broadband.

Lelang hanya dilakukan terhadap frekuensi yang masih kosong atau sudah tidak berpenghuni. Broadband Wireless Acces (BWA) 2300 MHz yang diperkenalkan pada 2009, memiliki 15 zona wilayah. Delapan zona masih ditempati oleh Berca, dan tujuh zona sisanya siap dilelang beserta, zona-zona kosong lainnya.

Dengan lelang tersebut, XL berpeluang memiliki lebar pita baru di frekuensi 2300 MHz, dengan kisaran lebar pita sebesar 30 MHz.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top