Rover Perseverance NASA Bawa Bahan Spacesuit Pertama ke Mars

Lukas Hendra TM
Kamis, 30 Juli 2020 | 16:03 WIB
Rover Perseverance NASA Bawa Bahan Spacesuit Pertama ke Mars
Rover Perseverance NASA Bawa Bahan Spacesuit Pertama ke Mars
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—NASA dijadwalkan akan meluncurkan rover pada misi Perseverance Mars 2020 pada Kamis (30/7/2020) pukul 7.50 EDT atau 18.50 WIB menggunakan roket Atlas V dari Cape Canaveral Florida, AS.

Dalam sebuah tanya jawab, perancang pakaian luar angkasa Amy Ross menjelaskan bagaimana lima sampel, termasuk sebuah pelindung helm (helm visor), akan diuji di atas penjelajah, yang menargetkan peluncuran pada 30 Juli.

NASA sedang bersiap untuk mengirim wanita pertama dan pria berikutnya ke Bulan, bagian dari strategi yang lebih besar untuk mengirim astronot pertama ke permukaan Mars. Namun, sebelum mereka sampai di sana, mereka akan dihadapkan dengan pertanyaan kritis yakni Apa yang harus mereka kenakan di Mars, di mana atmosfer tipis memungkinkan lebih banyak radiasi dari Matahari dan sinar kosmik untuk mencapai tanah.

Amy Ross pun mencari jawaban. Dia adalah perancang pakaian antariksa canggih di Johnson Space Center NASA di Houston. Ross mengembangkan pakaian baru untuk Bulan dan Mars. Jadi Ross sedang menunggu peluncuran musim panas ini dari Perseverance Mars rover, yang akan membawa sampel pertama dari bahan pakaian luar angkasa yang pernah dikirim ke Planet Merah.

Sementara penjelajah menjelajahi Kawah Jezero, mengumpulkan sampel batuan dan tanah untuk kembali ke Bumi di masa depan, lima potongan kecil bahan antariksa akan dipelajari oleh instrumen di atas Perseverance yang disebut SHERLOC (Scanning Habitable Environments with Raman & Luminescence for Organics & Chemicals) atau Memindai Lingkungan yang Dapat Dihuni dengan Raman & Luminescence untuk Organik & Bahan Kimia).

Bahan-bahan itu, termasuk selembar pelindung helm, disematkan di samping potongan meteorit Mars dalam target kalibrasi SHERLOC. Itulah yang digunakan para ilmuwan untuk memastikan pengaturan instrumen yang benar, membandingkan bacaan di Mars dengan bacaan tingkat dasar yang mereka dapatkan di Bumi.

Berikut tanya jawab tersebut, dikutip dari laman NASA, Selasa (28/7/2020).

Mengapa materi khusus tentang target kalibrasi SHERLOC ini dipilih?

Ross:
Bahan-bahan yang paling banyak kita tusukkan dimaksudkan untuk berada di lapisan terluar jas, karena ini akan terkena radiasi paling banyak. Ada orto-fabric, sesuatu yang kami punya banyak pengalaman menggunakan di luar pakaian antariksa. Itu tiga bahan dalam satu: Ini termasuk Nomex, bahan tahan api yang ditemukan dalam pakaian pemadam kebakaran; Gore-Tex, yang tahan air tetapi bisa bernapas; dan Kevlar, yang telah digunakan dalam rompi anti peluru.

Kami juga menguji sampel Vectran sendiri, yang saat ini kami gunakan untuk telapak tangan sarung tangan antariksa. Ini tahan potong, yang berguna di Stasiun Luar Angkasa Internasional. Micrometeoroids menyerang pegangan tangan di luar stasiun, menciptakan lubang dengan tepi tajam yang dapat memotong sarung tangan.
Kami menyertakan sampel Teflon, yang telah kami gunakan dalam pakaian antariksa untuk waktu yang lama sebagai bagian dari sarung tangan sarung tangan astronot dan bagian belakang sarung tangan. Sama seperti wajan antilengket, itu licin, dan lebih sulit untuk menangkap dan merobek kain jika licin. Kami juga menyertakan sampel Teflon dengan lapisan tahan debu.

Rover Perseverance NASA Bawa Bahan Spacesuit Pertama ke Mars

Akhirnya, ada sepotong polikarbonat, yang kami gunakan untuk gelembung helm dan visor karena membantu mengurangi sinar ultraviolet. Satu hal yang menyenangkan tentang itu adalah tidak pecah. Jika terkena dampak, tikungan bukannya patah dan masih memiliki sifat optik yang baik.

Bagaimana SHERLOC akan memeriksa sampel?

Ross:
Di Mars, radiasi akan memecah komposisi bahan kimia, melemahkan kekuatan tariknya. Kami ingin mengetahui berapa lama materi ini akan bertahan. Apakah kita perlu mengembangkan bahan baru, atau akankah ini bertahan di sana?

SHERLOC bisa mendapatkan spektrum, atau komposisi, batuan yang ingin dipelajari oleh para ilmuwan misi. Itu bisa melakukan hal yang sama untuk bahan pakaian antariksa ini. Kami sudah mengujinya di Bumi, memandikan sampel dalam radiasi dan kemudian menganalisis spektra mereka. Hasil tes tersebut, dilakukan di ruang vakum ultraviolet di Marshall Space Flight Center NASA, akan dibandingkan dengan apa yang kita lihat di Mars.

Akankah debu Mars menjadi tantangan?

Ross:
Tentu, ini tantangan teknis, tetapi tidak ada alasan kami tidak dapat merancang hal-hal untuk beroperasi dalam debu. Kami sudah mengembangkan hal-hal seperti segel yang menjaga debu dari bantalan kami. Pakaian luar memiliki bantalan di bahu, pergelangan tangan, pinggul, paha atas, dan pergelangan kaki. Mereka semua memberikan mobilitas astronot untuk berjalan, berlutut, dan gerakan lain yang Anda perlukan untuk mendekati batu atau mempertahankan habitat.

Ingat, pakaian kami mengembang hingga lebih dari 4 pound per inci persegi tekanan. Itu bukan tekanan yang gila, tapi cukup kaku. Ketika Anda memasukkan manusia ke dalam balon dan meminta mereka bergerak, mereka akan mengalami kesulitan. Ini sekencang kepala drum. Jadi kita perlu menutup bantalan agar debu tidak menutupi mereka.

Kami mencari cara lain untuk melindungi jas dari debu Mars selama misi jangka panjang. Kita tahu bahwa bahan yang dilapisi atau film akan lebih baik daripada bahan tenunan yang memiliki ruang antara benang tenun. Dua sampel Teflon mari kita lihat itu serta kinerja lapisan tahan debu.

Seberapa jauh perbedaan desain antariksa antara stasiun ruang angkasa, Bulan, dan Mars?

Ross:
Desain Spacesuit tergantung pada ke mana Anda pergi dan apa yang Anda lakukan. Spacesuit ISS dirancang khusus untuk gayaberat mikro. Jika Anda pergi ke luar angkasa, Anda tidak benar-benar berjalan; Anda menggunakan tangan Anda di mana-mana. Tubuh bagian bawah Anda hanya digunakan sebagai platform yang stabil untuk tubuh bagian atas Anda.

Spacesuit ini juga terkena dua sumber degradasi lingkungan: radiasi matahari dan oksigen atom. Oksigen atom berbeda dari oksigen yang kita hirup. Ini sangat reaktif dan dapat menurunkan bahan pakaian antariksa.
Bulan tidak memiliki masalah oksigen atom tetapi lebih buruk dari Mars dalam hal radiasi. Anda cukup dekat dengan Matahari dan tidak memiliki atmosfer untuk menyebarkan radiasi ultraviolet seperti yang Anda lakukan di Mars. Bulan adalah testbed besar untuk program Artemis. Lingkungan Bulan dan Mars tidak persis sama, tetapi tantangan daya tahan --material yang terpapar dalam waktu lama dengan tekanan rendah di lingkungan berdebu-- serupa.

Di Mars, Anda berada lebih jauh dari Matahari, dan Anda memiliki setidaknya sedikit atmosfer untuk menyebarkan UV. Tapi saat itulah durasi paparan mulai membuat Anda. Anda harus merencanakan untuk diekspos di permukaan sebagian besar waktu. Mars antariksa akan lebih seperti yang kita gunakan untuk Bulan dan kurang seperti yang untuk ISS. Saya mencoba membuat setelan Bulan sebanyak yang sesuai dengan Mars.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper