Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

LIPI Gandeng Wika Beton Kerja Sama Sederet Riset

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan PT Wijaya Karya Beton Tbk menandatangani Nota Kesepahaman tentang Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 24 Juli 2020  |  21:10 WIB
LIPI dan Wika Beton menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama riset yang berlaku selama 3 tahun. - LIPI
LIPI dan Wika Beton menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama riset yang berlaku selama 3 tahun. - LIPI

Bisnis.com, JAKARTA - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan PT Wijaya Karya Beton Tbk menandatangani Nota Kesepahaman tentang Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Kepala LIPI, Laksana Tri Handoko dan Direktur Utama PT Wika Beton, Hadian Pramudita di Jakarta, Jumat (24/7/2020). Acara penandatanganan nota kesepahaman dilakukan secara daring.

“LIPI membuka infrastrukur riset, baik SDM dan laboratorium, yang dapat dimanfaatkan,” tutur Handoko. “Sistem magang peneliti LIPI di PT Wika Beton atau sebaliknya dapat segera mencari problem-problem di lapangan yang dihadapi teman-teman di PT WIKA Beton,” tambahnya.

Handoko juga menyampaikan harapannya agar nota kesepahaman ini dapat berlanjut ke kerjasama yang riil dan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerja sama.

Hadian Pramudita dalam sambutannya mengatakan, LIPI sebagai lembaga pemerintah dan PT WIKA Beton sebagai perusahaan yang bergerak di bidang industri beton dan jasa konstruksi sama-sama concern bergerak di bidang riset. “Kami berharap sinergi penelitian lebih erat untuk menghasilkan inovasi-inovasi,” ujarnya.

Nota kesepahaman yang berlaku selama 3 tahun ini mempunyai ruang lingkup meliputi penelitian, pengembangan, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, tukar menukar dan pemanfaatan data dan informasi, pertemuan ilmiah, seminar dan publikasi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, penggunaan sarana dan prasarana masing-masing pihak, dan kegiatan lain yang disepakati.

Dalam kesempatan tersebut dibahas beberapa potensi kerja sama yang ditawarkan LIPI, antara lain penggunaan natrium lignosulfonat dari proses pulping, penggunaan lindi hitam (black liquor) dari proses kraft pulping, dan penggunaan lindi hitam termodifikasi dari proses pulping sebagai bahan substitusi polycarboxylate; teknologi pendeteksi kerusakan struktur jembatan; dan teknologi uji korosi, perlindungan coating; serta pemanfaatan limbah batu bara.

Hadian Pramudita menjelaskan potensi yang dapat dikerjasamakan PT Wika Beton kepada LIPI, yaitu penelitian admixture untuk produk beton yang menggunakan material lokal, penelitian material campuran beton, pengembangan produk pracetak beton dan sistem produksi, kerja sama penggunaan fasiltas produksi dan pengujian, dan pengembangan kompetensi peneliti.

Penandatanganan naskah kerja sama tersebut disaksikan oleh Sekretaris Utama LIPI, Kepala Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI, Kepala Pusat Penelitian Biomaterial LIPI, Kepala Pusat Penelitian Fisika LIPI, dan Kepala Pusat Metalurgi dan Material LIPI.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lipi wika beton riset dan pengembangan
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top