Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Penyu Raksasa Seukuran Meja Makan Bertelur di Pantai Warebar Raja Ampat

Lima penyu raksasa dengan diameter seukuran meja makan terpantau mendarat di kawasan pantai Raja Ampat dan bertelur di lokasi pesisir tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 08 Juli 2020  |  09:25 WIB
Ketua Kelompok Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki Yusuf Mayor saat mendata penyu belimbing yang bertelur di pantai di wilayah Yenbekaki, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. - Antara/Dokumentasi Kelompok Penggiat Konservasi Yenbekaki
Ketua Kelompok Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki Yusuf Mayor saat mendata penyu belimbing yang bertelur di pantai di wilayah Yenbekaki, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. - Antara/Dokumentasi Kelompok Penggiat Konservasi Yenbekaki

Bisnis.com, SORONG - Lima penyu raksasa dengan diameter seukuran meja makan terpantau mendarat di kawasan pantai Raja Ampat dan bertelur di lokasi pesisir tersebut.

Penyu jenis belimbing (Dermochelys coriacea), yang disebut sebagai penyu raksasa karena ukurannya luar biasa besar, mendarat dan bertelur di kawasan Pantai Warebar, Kampung Yenbekaki, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, menurut kelompok konservasi setempat.

Anggota Kelompok Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki menjaga sarang telur kelima penyu belimbing tersebut dari serangan hewan pemangsa dan pemburu telur penyu.

"Kami memprediksi awal Agustus telur penyu belimbing tersebut telah menetas menjadi ratusan tukik atau bayi penyu dan kembali ke laut," kata Ketua Kelompok Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki Yusuf Mayor di Waisai, Rabu (8/7/2020) seperti dilaporkan Antara.

Dia mengatakan bahwa jumlah penyu yang bertelur di Pantai Warebar tahun ini lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu, ketika hanya ada dua penyu yang bertelur di pantai tersebut.

Yusuf mengatakan bahwa Kelompok Penggiat Konservasi Penyu Kampung Yenbekaki secara swadaya berupaya melestarikan penyu.

"Kami berkomitmen menjaga kelestarian alam, terutama dengan melakukan perlindungan penyu belimbing dan jenis lainnya, agar tidak punah dan dapat dinikmati oleh generasi di masa yang akan datang," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

raja ampat penyu

Sumber : Antara

Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top