Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Saksikan Bulan Purnama Strawberry Jumat Pekan Ini, Siapkan Lensa Tele Anda

Di sebagian besar belahan bumi timur, bulan purnama pada hari Jumat (5 Juni) akan menampilkan gerhana bulan penumbral, yang berarti bahwa bulan stroberi akan tampak gelap dan keperakan.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  13:34 WIB
Strawberry fullmoon
Strawberry fullmoon

Bisnis.com, MANADO – Bulan purnama pada hari Jumat, yang juga biasa dikenal sebagai bulan stroberi, akan menerangi langit malam di sebagian besar bumi belahan barat (termasuk Amerika Utara).

Di sebagian besar belahan bumi timur, bulan purnama pada hari Jumat (5 Juni) akan menampilkan gerhana bulan penumbral, yang berarti bahwa bulan stroberi akan tampak gelap dan keperakan.

Menurut NASA, bulan purnama penuh tepat terjadi pada 3:12 PM EDT (19:12 UTC) pada hari Jumat. Namun, karena bulan tidak akan terlihat di Amerika Utara pada saat itu, kemungkinan Anda bisa menyaksikannya adalah menatap ke langit saat bulan terbit, saat bulan yang belu. penuh mulai naik pada pukul 8:23 malam. EDT (sesaat sebelum matahari terbenam jam 8:31 malam EDT), menurut Travel and Leisure.

Menurut akun IG @pussainsa_lapan, fenomena tersebut akan terjadi di Indonesia pada pukul 02.12 WIB. Pussains_lapan mengungkapkan penyebutan stroberi penuh tersebut karena mengisyaratkan waktu tahun untuk mengumpulkan buah yang sudah matang.

“Itu juga bertepatan dengan puncak musim panen stroberi. Bulan ini juga dikenal sebagai Bulan Mawar Penuh dan Bulan Madu Penuh” tulis pussains_lapan.

Sementara itu, laman Livescience mengungkapkan bulan stroberi dinamai untuk musim tanam stroberi yang relatif singkat di timur laut Amerika Utara, itu adalah nama yang dikenali oleh sebagian besar suku Algonquin, Maine Almanac dari Maine Farmer yang sudah tidak ada lagi dilaporkan pada tahun 1930-an, menurut NASA.

Nama lain untuk bulan purnama ini termasuk bulan mead, bulan madu, bulan mawar dan bulan LRO (untuk Lunar Reconnaissance Orbiter, yang diluncurkan ke bulan 18 Juni 2009), menurut NASA. Apa pun Anda menyebutnya, ini akan menjadi bulan purnama terakhir musim semi, sebelum titik balik matahari musim panas pada 20 Juni.

Nah, untuk Anda masyarakat Indonesia, sudah siapkah Anda begadang dan memotret fenomena ini pada Jumat dini hari nanti? Jangan lupa persiapkan tripod, lensa tele dengan difragma rendah dan setting manual pada kamera untuk memperoleh slow speed terbaik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lapan bulan purnama
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top