Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Whatsapp Tutup Celah Keamanan, Khusus Pengguna iOS

Whatsapp mengklaim telah menutup celah keamanan yang memungkinkan peretas membaca pesan terenskripsi dari perangkat berbasis iOS.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 24 Mei 2020  |  15:25 WIB
Ikon Rooms juga ada di menu panggilan (call), yang kemudian akan mengarahkan pengguna ke Messenger untuk membuat Rooms.  - Ilustrasi BISNIS.COM
Ikon Rooms juga ada di menu panggilan (call), yang kemudian akan mengarahkan pengguna ke Messenger untuk membuat Rooms. - Ilustrasi BISNIS.COM

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar gembira bagi Anda pengguna layanan pesan instan Whatsapp di iPhone atau tablet iPad. Whatsapp mengklaim telah menutup celah keamanan yang memungkinkan peretas membaca pesan terenskripsi dari perangkat besutan Apple itu.

Dilansir dari Phone Arena pada Minggu (24/5/2020), dalam waktu dekat akan ada pembaruan untuk menutup celah keamanan tersebut. Seperti diketahui, laman frequenly asked questions (FAQ) menyatakan bahwa pesan WhatsApp yang dicadangkan di iCloud tidak dilindungi oleh enkripsi ujung ke ujung aplikasi tersebut.

Pembaruan WhatsApp untuk perangkat berbasis iOS dalam versi beta menyebut perubahan yang "memungkinkan enkripsi riwayat obrolan yang ada di iCloud, termasuk media" melalui pengaturan pada aplikasi WhatsApp.

Jika demikian, otoritas, peretas, dan bahkan Apple akan dihalangi untuk membaca pesan teks pengguna Whatsapp yang dienkripsi.

Pada dasarnya, pembaruan tersebut akan memperluas enkripsi ujung ke ujung yang tersedia dari WhatsApp ke pesan yang disimpan di iCloud.

Selain iOS, WhatsApp kabarnya juga mengembangkan perlindungan yang sama untuk pencadangan obrolan di Android.

Sama seperti obrolan WhatsApp yang disimpan di iCloud, obrolan yang disimpan pengguna Android di Google Drive juga tidak terjangkau enkripsi ujung ke ujung.

Fitur baru tersebut tersedia di WhatsApp beta untuk Android versi 2.20.73 dan dinamai "Protect Backup." Namun demikian pengguna Whatsapp untuk Android tetap harus waspada.

Pasalnya, meskipun enkripsi ujung ke ujung ada di dalam aplikasi, jika pengguna membuat cadangan obrolan di iCloud atau Drive, pengguna membuatnya rentan untuk dibaca.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple whatsapp
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top