Pilih-Pilih Smartwatch untuk Teman Beraktivitas

Gelang pintar atau smartwatch memiliki kemampuan mengukur detak jantung, jumlah kalori terbakar, dan tingkat stress hingga jam tidur.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 18 Mei 2020  |  21:31 WIB
Pilih-Pilih Smartwatch untuk Teman Beraktivitas
Fitbit Charge 3 - Fitbit

Bisnis.com, JAKARTA – Selain smartwatch atau jam tangan pintar, perangkat wearable lain yang banyak diminati belakangan ini adalah smartband atau gelang pintar.

Fungsi utama dari gelang pintar adalah sebagai fitness tracker atau pelacak kebugaran yang terkoneksi dengan ponsel pintar melalui aplikasi tertentu. Perangkat ini akan mencatat berbagai aktivitas fisik penggunanya, mulai dari olaharaga yang dilakukan hingga durasi tidur.

Kemudian gelang pintar juga punya kemampuan mengukur detak jantung, jumlah kalori terbakar, dan tingkat stres dari penggunanya.

Ukurannya yang ringkas dengan desain yang ciamik juga membuat gelang pintar dijadikan sebagai aksesoris fashion menggantikan jam tangan konvensional. Selain itu, perangkat ini banyak dipilih lantaran harganya yang cukup terjangkau dibandingkan dengan jam tangan pintar.

Banyak gelang pintar yang bisa Anda bawa pulang dengan merogoh kocek kurang dari Rp500.000 saja. Nah, bagi Anda yang berminat membeli perangkat tersebut, berikut adalah rekomendasi dari Bisnis yang bisa dijadikan pertimbangan.

1. Samsung Galaxy Fit e

Gelang pintar yang satu ini hadir dengan kemampuan melacak lebih dari 90 aktivitas fisik mulai dari latihan elliptical hingga rowing yang dilakukan oleh penggunanya melalui aplikasi Samsung Health. Perangkat ini juga bisa Anda digunakan untuk mengukur detak jantung, jumlah kalori yang terbakar, dan tingkat stress.

Galaxy Fit e bisa digunakan tanpa harus terhubung dengan aplikasi Samsung Health menggunakan Bluetooth. Namun, rekaman aktivitas yang Anda lakukan akan terhapus secara otomatis apabila hari berganti.

Perangkat ini juga tidak dilengkapi dengan GPS. Oleh karena itu, mau tidak mau Anda harus tetap membawa dan menghubungkan ponsel pintar jika ingin melacak aktivitas berjalan, berlari, atau bersepeda.

Apabila terhubung dengan ponsel pintar, Galaxy Fit juga akan meneruskan notifikasi panggilan, pesan, maupun surel yang masuk lewat getaran. Tentunya bisa Anda nonaktifkan apabila merasa tidak nyaman dengan yang satu fitur ini.

galaxy fit E

Galaxy Fit e hadir dengan layar PMOLED monokrom berukuran 0,74 inci dan baterai berkapasitas 70 mAh yang mampu bertahan sekitar tiga hari apabila terhubung dengan ponsel pintar.

Perangkat ini juga bisa Anda gunakan ketika hujan lebat atau berenang lantaran diklaim tahan air dengan kekuatan 5 ATM (atmosphere pressure).

Galaxy Fit e dibanderol dengan harga Rp699.000 di situs resmi Samsung. Namun, di sejumlah platform dagang el perangkat ini bisa Anda tebus dengan merogoh kocek kurang dari Rp600.000.

2. Realme Band

Gelang pintar yang beberapa waktu lalu dirilis oleh Realme ini hadir dengan fitur-fitur yang tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy Fit e. Namun, terdapat fitur tambahan berupa pemantauan kualitas tidur dengan melacak pergerakan dan detak jantung pengguna, serta Idle Alert yang akan mengingatkan pengguna ketika dia terlalu lama duduk.

Selain itu, terdapat fitur Intelligent Sport Tracker yang mengingatkan penggunanya ketika denyut jantung terdeteksi melampaui angka tertentu saat sedang berolahraga.

Realme Band hadir dengan layar berukuran 0,96 inci yang mendukung 65.000 warna untuk menampilkan sejumlah data pengguna, mulai dari waktu, langkah kaki, hingga notifikasi ponsel pintar yang terhubung menggunakan Bluetooth lewat aplikasi Realme Link.

realme band

Berbeda dengan gelang pintar besutan pabrikan lainnya, Realme Band memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk mengisi baterai berkapasitas 90mAh lewat port USB tanpa perlu menggunakan perangkat tambahan.

Baterai perangkat ini diklaim bisa bertahan sampai dengan enam hari apabila pelacak detak jantung dinyalakan. Perangkat dengan harga Rp399.000 ini mengantongi sertifikat IP68 yang artinya tahan debu dan bisa bertahan di air berkedalaman 1,5 m selama 30 menit.

3. Xiaomi Mi Band 4

Gelang pintar besutan Xiaomi ini hadir dengan fitur yang tak jauh berbeda dengan kompetitornya dan masih belum dilengkapi GPS. Adapun, untuk fitur pelacak aktivitas fisik, Xiaomi Mi Band 4 mengunggulkan kemampuan melacak lima gaya renang dengan 12 set data berbeda.

Untuk mendukung fitur tersebut, Xiaomi Mi Band 4 mengantongi sertifikat tahan air 5 ATM. Dibandingkan dengan kompetitornya, konektivitas Xiaomi Mi Band 4 jauh lebih baik lantaran didukung Bluetooth 5.0 dengan jangkauan yang lebih luas.

xiaomi mi band 4

Kemudian untuk layarnya, Xiaomi Mi Band 4 mengusung layar OLED 0,95 inci dengan resolusi 240 x 120 piksel yang mendukung tingkat kecerahan 400 nit atau berarti mudah dilihat di bawah sinar matahari langsung.

Baterai dari generasi terbaru gelang pintar Xiaomi ini memiliki baterai berkapasitas 135 mAh yang diklaim bisa bertahan hingga 20 hari apabila tak terkoneksi ponsel pintar. Xiaomi Mi Band 4 dibanderol dengan harga Rp419.000 di situs resmi Xiaomi Indonesia.

4. Huawei Honor 5 Band

Gelang pintar yang satu ini bisa Anda tebus di sejumlah platform dagang el di kisaran harga Rp300.000-400.000. Paling terjangkau dibandingkan dengan kompetitornya, akan tetapi fitur-fitur yang ditawarkan tak bisa dianggap remeh.

Selain menawarkan fitur-fitur layaknya kompetitor dengan dukungan aplikasi Huawei Health, Huawei Honor 5 hadir beberapa fitur tambahan, seperti pengendali pemutar musik, pengendali kamera, near field communication (NFC) untuk pembayaran elektronik Alipay, dan Phone Finder.

Tentunya fitur tersebut bisa Anda gunakan apabila telah tersambung dengan ponsel pintar melalui Bluetooth.

Selain itu yang paling menarik adalah fitur SpO2 Monitor untuk melacak tingkat saturasi oksigen di dalam aliran darah. Dengan demikian Anda dapat menilai bagaimana tubuh beradaptasi selama latihan atau di ketinggian.

Huawei Honor 5 Band

Huawei Honor Band 5 mengusung layar AMOLED berukuran 0,95 inci. Kemudian perangkat ini juga dibekali dengan kapasitas baterai 100 mAh.

Baterai tersebut diklaim mampu bertahan hingga mencapai 14 hari dalam keadaan siaga dengan menonaktifkan fitur pelacakan waktu nyata atau real-time. Adapun, untuk pemakaian normal dengan pelacakan real-time aktif mampu bertahan hingga enam hari.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
smartwatch

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Novita Sari Simamora
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top