Siap-siap, Ini Waktu Terbaik untuk Melihat Supermoon Nanti Malam

Syaiful Millah
Rabu, 6 Mei 2020 | 14:59 WIB
Supermoon/NASA
Supermoon/NASA
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Fenomena alam supermoon atau bulan purnama akan tampak di langit dalam beberapa malam ke depan, tepatnya hingga 8 Mei mendatang.

Fase bulan purnama Mei 2020 terjadi tepat pada pukul 10:45 waktu universal, yang diterjemahkan ke dalam jam Indonesia yakni pukul 17:45 WIB.

Definisi dari supermoon sendiri adalah penampakan ketika bulan berada dalam orbit elips di sekitar bumi. Orbitnya bukan berbentuk lingkaran sempurna, sehingga kadang lebh dekat dan kadang lebih jauh.

Definisi astrologinya adalah bulan purnama yang berada pada 90 persen jarak terdekatnya dengan bumi dalam orbit. Ini merupakan salah satu pemandangan indah yang ada di langit. Lantas kapan waktu terbaik untuk melihat supermoon ini?

Dilansir dari Travel Leisure, Rabu (6/5) ada dua waktu khusus untuk melihat fenomena alam yang disebut sebagai Super Flower Moon ini, yakni ketika bulan terbit dan ketika bulan terbenam,

“Ketika bulan sangat rendah di cakrawala, Anda bisa mendapatkan pemandangan indah yang dicari banyak orang,” kata Jackie Faherty, ilmuwan astrofisika di American Museum of Natural History, New York.

Menurutnya, waktu ketika bulan terbit adalah saat menyaksikan warna yang indah. Bulan akan tampak berwarna merah muda atau bahkan agak kuning ketika berada dekat dengan cakrawala. Ini berlaku untuk semua kondisi bulan purnama.

Sementara, waktu ketika bulan terbenam adalah ilusi optik, yakni ketika bulan sangat dekat dengan cakrawala sehingga otak menerjemahkannya menjadi pikiran bahwa bulan terlihat jauh lebih besar dari yang sebenarnya.

“Yang harus Anda lakukan adalah menemukan di mana matahari terbenam dan berbalik serta mencari cara lain untuk menangkap bulan terbit. Itu benar-benar selalu menakjubkan,” tandasnya.

Fenomena supermoon ini layak dinantikan. Pasalnya, waktu berikutnya untuk menikmati pemandangan ini adalah pada 27 April 2021 mendatang, yang akan menjadi fenomena Super Pink Moon. Artinya, harus menunggu 1 tahun lagi bila Anda melewatkannya tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper