Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Data Akun Tokopedia Bocor, Pemerintah Mulai Selidiki

Pemerintah mulai membahas masalah kebocoran data konsumen yang terjadi di situs Tokopedia.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 04 Mei 2020  |  15:48 WIB
Tokopedia Center - istimewa
Tokopedia Center - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Tokopedia bersama-sama melakukan evaluasi, penyelidikan, serta mitigasi teknis.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate mengatakan langkah tersebut diambil setelah ketiga pihak melakukan pertemuan secara virtual pada Senin, (4/5/2020) yang membahas masalah kebocoran data konsumen yang terjadi di situs Tokopedia.

"Kemenkominfo, BSSN, dan Tokopedia akan melakukan evaluasi, penyelidikan, mitigasi teknis, dan memberikan update perkembangannya," ujar Johnny dalam konferensi pers virtual, Senin (4/5/2020).

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Johnny, pihak Tokopedia melaporkan data keuangan serta akun pelanggan di situs tersebut dalam kondisi aman meskipun sebagian data lainnya ada kemungkinan sudah dimasuki oleh para peretas.

Saat ini, kata Johnny, pihak Tokopedia sedang melakukan evaluasi mendalam. Hasil dari evaluasi akan disampaikan lagi evaluasi yang dilakukan oleh tim ketiga pihak secara teknis selesai dilakukan.

Selain itu, Johnny juga mengingatkan agar masyarakat pemilik akun platform dagang-el untuk secara berkala mengubah password dan tidak menyebarluaskan one time password (OTP).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kominfo tokopedia
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top