Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alita dan Facebook Berkolaborasi Perluas Jaringan Fiber Optik Indonesia

Kerja sama tersebut membuat Alita mampu membangun jaringan fiber optik sepanjang 3.000 kilometer (km) guna memperluas akses internet dengan kecepatan tinggi dalam skala nasional.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 12 Maret 2020  |  15:34 WIB
(Ki-Ka) Direktur Utama PT Alita Praya Mitra Teguh Prasetya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, dan (paling kanan) Ruben Hattari, Head of Public Policy fo Indonesia at Facebook dalam agenda pengumuman kerjasama Facebook Connectivity dengan PT Alita Praya Mitra, di Plataran Menteng, Kamis, (12/3/2020). (Bisnis - Akbar Evandio).
(Ki-Ka) Direktur Utama PT Alita Praya Mitra Teguh Prasetya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerard Plate, dan (paling kanan) Ruben Hattari, Head of Public Policy fo Indonesia at Facebook dalam agenda pengumuman kerjasama Facebook Connectivity dengan PT Alita Praya Mitra, di Plataran Menteng, Kamis, (12/3/2020). (Bisnis - Akbar Evandio).

Bisnis.com, JAKARTA — PT. Alita Praya Mitra bekerjasama dengan Facebook Connectivity untuk membangun jaringan infrastruktur fiber optik di Indonesia.

Kemitraan ini sejalan dengan komitmen Facebook untuk menghadirkan layanan internet yang lebih baik dengan meningkatkan konektivitas bagi lebih dari 10 juta masyarakat. Hal itu ditandai dengan pengumuman kerjasama Facebook Connectivity dengan PT. Alita Praya Mitra di Jakarta, Kamis, (12/3/2020) di Jakarta.

Direktur Utama PT Alita Praya Mitra Teguh Prasetya mengatakan dukungan dari Facebook Connectivity memungkinkan Alita untuk membangun jaringan fiber optik sepanjang 3.000 kilometer (km) guna memperluas akses internet dengan kecepatan tinggi dalam skala nasional, termasuk Bali, Jawa, Sumatera, dan Sulawesi.

“Kami fokus membangun akses fiber optik di seluruh provinsi tersebut untuk membantu operator, penyedia jasa internet, dan penyedia jasa lainnya, dalam memberikan layanan konektivitas kelas dunia kepada masyarakat,” ujarnya (12/3020).

Menurutnya, kebutuhan konektivitas saat ini harus segera dipenuhi, demi menunjang broadband di Indonesia.

“Kini, kebutuhan broadband merupakan kebutuhan dasar, bila dulu pulsa untuk voice dan sms, sekarang untuk data, dan kebutuhan data tanpa broadband dapat menghambat,” jelasnya.

Menurutnya, saat ini milenial dan generasi Z sudah mulai terbiasa menikmati konten hiburan melalui perangkat ponsel pintar. Dengan demikian kebutuhan broadband konektivitas harus merata hingga pelosok indonesia.

“Karena itu kami, mempunyai kewajiban untuk mengembangkan akses, agar lebih meluas, yang menurut kami dengan kerja sama dengan Facebook Connectivity dan operator tentunya, kita dapat menjangkau 10 juta penduduk nantinya,” harapnya.

Teguh berharap, kerjasama yang dijalankan bersama Facebook Connectivity bersifat jangka panjang, hal ini sebagai upaya untuk mendukung penetrasi broadband yang lebih luas lagi.

Sementara itu Manajer Kebijakan Publik, Konektivitas dan Akses Facebook untuk Asia PasifikTom Varghese menjelaskan bahwa Facebook Connectivity terus mencari peluang untuk bekerjasama dengan mitra lokal di seluruh dunia, termasuk di antaranya Alita untuk di Indonesia.

“Kami percaya bahwa pembangunan jaringan fiber optik merupakan bagian penting dari upaya penyediaan koneksi internet yang lebih cepat untuk lebih banyak orang,” ujarnya,

Selain itu, Alita akan sepenuhnya memiliki, membangun, memelihara dan mengoperasikan jaringan fiber green field dan menyediakan kapasitas besar untuk operator jaringan seluler dan penyedia jasa internet.

“Facebook pun akan memberikan dukungan untuk proses perencanaan jaringan fiber tersebut,” lanjutnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

facebook fiber optik kemenkominfo
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top