Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Simak Manfaat Produk Baru Bukalapak

Untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen, maka Bukalapak menambahkan aneka fitur baru.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 08 Maret 2020  |  22:23 WIB
Logo Bukalapak
Logo Bukalapak

Bisnis.com, BANDUNG – PT Bukalapak.com (Bukalapak), marketplace digital Indonesia, memperkenalkan sejumlah fitur layanan transaksi produk virtual di Warung Bukalapak.

Produk-produk tersebut diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Lantas apa saja produk-produk virtual yang dikeluarkan dan apa manfaatnya:

1. Kirim Uang

Kirim uang merupakan fitur terbaru Mitra Bukalapak hasil kerjasama Bukalapak dengan Bank Mandiri. Inisiatif ini lahir dari keinginan kedua belah pihak untuk memperluas pemerataan akses masyarakat terhadap layanan keuangan terutama untuk masyarakat yang belum terjangkau bank (unbankable) dan masyarakat yang belum berbank (unbanked) melalui keberadaan warung tradisional.

Kerja sama yang diperuntukkan untuk memperluas inklusi keuangan ini mengoptimalkan keberadaan 1,5 juta warung Mitra Bukalapak yang tersebar di 189 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia untuk menjadi Agen Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai).

Fitur Kirim Uang menyediakan layanan transfer sesama Bank Mandiri maupun transfer antar bank (daftar bank yang didukung oleh ATM Bersama). Proses menggunakan fitur Kirim Uang sangat mudah, pelanggan cukup membawa cash untuk diserahkan kepada Mitra Bukalapak yang selanjutnya akan dikirimkan secara online menggunakan Saldo Mitra (Saldo Bukalapak ataupun Saldo DANA) kepada rekening penerima.

2. Tabungan Emas

Fitur terbaru Tabungan Emas di aplikasi Mitra Bukalapak memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk berinvestasi melalui produk emas dengan mudah dan aman.

Pelanggan bisa melakukan transaksi jual beli emas di 1.5 juta warung Mitra Bukalapak dan ribuan outlet Pegadaian di seluruh Indonesia.

Fitur Tabungan Emas memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk membeli emas mulai dari jumlah yang sangat terjangkau yaitu Rp10.000,- . Tidak hanya itu, untuk melakukan transaksi tabungan emas, pelanggan hanya tinggal mengunjungi Warung Mitra Bukalapak terdekat dan melakukan pendaftaran dengan mengisi data diri di aplikasi Mitra Bukalapak.

Pelanggan juga dapat melakukan pengecekan saldo emas yang dimiliki di warung Mitra Bukalapak atau mendatangi Kantor Pegadaian terdekat. Pelanggan Tabungan Emas di Mitra Bukalapak dapat memiliki Buku Tabungan yang dapat diambil dengan mengunjungi kantor Pegadaian yang dipilih saat pendaftaran, dengan membawa KTP asli dan menunjukkan SMS konfirmasi pembukaan Tabungan Emas dari Bukalapak untuk verifikasi.

Begitu juga untuk pencairan menjadi uang tunai atau emas fisik, semua dapat dilakukan oleh Pelanggan di Kantor Pegadaian terdekat. Khusus penukaran menjadi emas fisik, saldo Tabungan Emas harus mencapai minimal 1 gram dan keping emas yang diperoleh berupa emas jenis Antam.

3. E- Samsat dan Samolnas

E- Samsat merupakan kerja sama Mitra Bukalapak dengan dengan Tim Pembina Samsat yang memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor secara dalam jaringan melalui Mitra Bukalapak.

Untuk saat ini pembayaran E-Samsat baru bisa dilakukan untuk pembayaran pajak kendaraan area Jawa Barat saja. Dalam proses pembayaran E-Samsat, pelanggan dapat mendatangi Mitra Bukalapak terdekat, kemudian Mitra akan memberikan form di aplikasi Mitra Bukalapak terkait data nomor rangka kendaraan dan nomor KTP pelanggan.

Setelah melakukan pembayaran, pelanggan akan menerima notifikasi berupa SMS keterangan pembayaran telah berhasil. Setelah proses pembayaran selesai, pelanggan harus mendatangi kantor Polda Jabar atau Polda Metro Jaya untuk melakukan pengesahan STNK.

Sedangkan pada proses transaksi Samolnas, Mitra Bukalapak akan terlebih dahulu masuk ke aplikasi Samolnas untuk mendapatkan kode billing pelanggan.

Kode billing yang sudah didapat kemudian dimasukan ke form E-Samsat yang ada di aplikasi Mitra Bukalapak untuk melanjutkan proses pembayaran.

Perbedaan Samolnas dari E-Samsat adalah pelanggan tidak perlu datang ke kantor Samsat untuk melakukan pengesahan. STNK yang sudah dibayar akan langsung dikirimkan ke alamat pelanggan sesuai dengan data yang diisi. Dengan melakukan transaksi E-Samsat, mitra Bukalapak juga bisa mendapatkan komisi langsung sebesar Rp 2.500 per transaksi.

4. Telkom/ IndiHome

Telkom adalah fitur dalam aplikasi Mitra Bukalapak yang memberikan kemudahan masyarakat dalam melakukan pembayaran tagihan Telkom atau IndiHome melalui Mitra Bukalapak.

Dalam proses pembayaran Telkom/ IndiHome, pelanggan cukup datang ke warung Mitra Bukalapak terdekat, mengisi form yang berisikan No. telepon atau ID IndiHome yang ingin dibayarkan, nantinya jumlah tagihan yang perlu dibayar akan langsung muncul di aplikasi Mitra Bukalapak.

Dengan melakukan pembayaran tagihan Telkom/ IndiHome, melalui mitra Bukalapak maka bisa mendapatkan komisi hingga 25.000 dengan kode promo TELKOMMBL

5. Voucher Game

Voucher Game adalah fitur di Bukalapak yang memberikan kemudahan akses untuk membeli voucher game melalui Mitra Bukalapak.

Sejak diluncurkan pada Desember 2019, fitur ini memiliki animo yang tinggi dari pembelian voucher game melalui warung Mitra Bukalapak seiring dengan pesatnya perkembangan industri games di Indonesia yang telah didukung oleh pemerintah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

emas antam bukalapak
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top