Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dirut Baru Telkomsel Harus Berani Mencoba Bisnis Baru

Direktur Utama PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Setyanto Hantoro diminta untuk tidak terlena dengan kondisi perusahaan yang saat ini sedang memimpin industri telekomunikasi.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 13 Januari 2020  |  15:17 WIB
BTS bergerak atau mobile BTS Telkomsel - Telkomsel
BTS bergerak atau mobile BTS Telkomsel - Telkomsel

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Setyanto Hantoro diminta untuk tidak terlena dengan kondisi perusahaan yang saat ini sedang memimpin industri telekomunikasi. Setyanto disarankan untuk terus mencari sumber pendanaan baru melalui pengembangan bisnis.

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan saat ini pendapatan dan laba yang dibukukan Telkomsel selalu tinggi sehingga tidak terlalu sulit bagi nahkoda baru untuk memimpin Telkomsel. Meski demikian, kata Heru, Dirut baru Telkomsel tidak boleh terlena dan harus berani bereksperimen dengan bisnis baru serta tidak terpaku pada bisnis lama.

“Menteri BUMN pernah bilang 2030 bisnis telekomunikasi bisa jadi sudah berubah drastis, maka sekarang waktunya mempersiapkan perubahan. Transformasi harus mulai dilakukan,” kata Heru kepada Bisnis, Senin (13/1/2020).

Di samping itu, dia juga meminta agar Setyanto mengantisipasi perubahan teknologi. Setyanto harus memperhatikan teknologi terbaru dan mengembangkannya sehingga jika masyarakat telah siap mengadopsi teknologi tersebut, Telkomsel tidak membutuhkan waktu lama untuk menerapkannya.

Sementara itu, Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Kristiono mengatakan bahwa tantangan utama Setyanto adalah memastikan sebaran dan kualitas layanan data Telkomsel hadir di seluruh Indonesia.

Di samping itu, Setyanto juga perlu menyiapkan strategi membangun industri Telkomsel secara vertikal. Pasalnya, kondisi bisnis ke depan harus mampu mengumpulkan dan menyatukan ekosistem bisnis Telkomsel.

Adapun mengenai strategi pembangunan citra agar Telkomsel terlihat lebih segar dengan produk dan pelanggan milenial yang bertambah, menurutnya, hal tersebut harus disesuaikan dengan kondisi.

“Strategi itu bersifat dinamik jadi harus terus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang  berkembang dan berubah dengan cepat,” kata Kristiono.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel telekomunikasi
Editor : Lucky Leonard
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top