BRI Ventures Incar Tekfin untuk Percepat Laju Inovasi

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 15 November 2019 | 15:11 WIB
Ilustrasi investasi/coastalinvestment.ae
Ilustrasi investasi/coastalinvestment.ae
Bagikan

Bisnis.com, BADUNG –  BRI Ventures mengincar perusahaan rintisan yang bergerak di sektor teknologi finansial atau tekfin, untuk mendorong inovasi di BRI.

VP of Investmen BRI Ventures Wiiliam Gozali mengatakan dalam menaruh investasi, perseroan mengincar perusahaan rintisan atau startup yang telah matang. BRI Ventures tidak tertatik untuk memberikan pendanaan tahap awal atau startup baru, karena perseroan berorientasi pada pertumbuhan.

Dalam setiap pendanaan yang disalurkan, BRI Ventures selalu melihat dampaknya ke perseroan. William berpendapat beberapa perusahaan rintisan yang mendapat pendanaan di tahap awal atau seeds, terkadang belum siap secara sistem dan teknologi.

BRTI Ventures mengincar pendanaan untuk sektor fintek, khususnya yang dapat bersinergi dengan perseroan. Meski demikian, kata William, beberapa sektor lainnya juga terbuka peluang untuk memperoleh pendanaan selama sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“[peluang akuisisi startup] kalau masuk akal, kami sih terbuka. Tentunya kalau kami akuisisi saat ini untuk memperkuat BRI Holding, namun hanya untuk perusahaan startup yang sudah profit,” kata William di Bali, Jumat (15/11/2019).

Dia menambahkan BRI Ventrures mengincar sektor fintek untuk disalurkan pendanaan seri A. Untuk 3 tahun ke depan, BRI Ventures menganggarkan dana sebesar Rp3,5 triliun untuk pendanaan bagi perusahan rintsan.

BRI Ventures tidak membagi jumlah startup yang akan mendapat pendanaan dari total tersebut, sebab perseroan melihat kepada peluang pasar.

“Karena ada beberapa sektor yang butuh pendanaan yang intensif dan ada beberapa capital yang efisien,” kata William.

Adapun mengenai strategi bakar uang, kata William, perusahaan rintisan memiliki perhitungan mengenai hal tersebut. investor tidak terlalu mempermasalahkan karena investor berinvestasi untuk jangka panjang, selama proses bakar uang dilakukan secara tepat sasaran.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper