Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BRI Ventures Incar Tekfin untuk Percepat Laju Inovasi

BRI Ventures mengincar perusahaan rintisan yang bergerak di sektor teknologi finansial atau tekfin, untuk mendorong inovasi di BRI.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 15 November 2019  |  15:11 WIB
Ilustrasi investasi - coastalinvestment.ae
Ilustrasi investasi - coastalinvestment.ae

Bisnis.com, BADUNG –  BRI Ventures mengincar perusahaan rintisan yang bergerak di sektor teknologi finansial atau tekfin, untuk mendorong inovasi di BRI.

VP of Investmen BRI Ventures Wiiliam Gozali mengatakan dalam menaruh investasi, perseroan mengincar perusahaan rintisan atau startup yang telah matang. BRI Ventures tidak tertatik untuk memberikan pendanaan tahap awal atau startup baru, karena perseroan berorientasi pada pertumbuhan.

Dalam setiap pendanaan yang disalurkan, BRI Ventures selalu melihat dampaknya ke perseroan. William berpendapat beberapa perusahaan rintisan yang mendapat pendanaan di tahap awal atau seeds, terkadang belum siap secara sistem dan teknologi.

BRTI Ventures mengincar pendanaan untuk sektor fintek, khususnya yang dapat bersinergi dengan perseroan. Meski demikian, kata William, beberapa sektor lainnya juga terbuka peluang untuk memperoleh pendanaan selama sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“[peluang akuisisi startup] kalau masuk akal, kami sih terbuka. Tentunya kalau kami akuisisi saat ini untuk memperkuat BRI Holding, namun hanya untuk perusahaan startup yang sudah profit,” kata William di Bali, Jumat (15/11/2019).

Dia menambahkan BRI Ventrures mengincar sektor fintek untuk disalurkan pendanaan seri A. Untuk 3 tahun ke depan, BRI Ventures menganggarkan dana sebesar Rp3,5 triliun untuk pendanaan bagi perusahan rintsan.

BRI Ventures tidak membagi jumlah startup yang akan mendapat pendanaan dari total tersebut, sebab perseroan melihat kepada peluang pasar.

“Karena ada beberapa sektor yang butuh pendanaan yang intensif dan ada beberapa capital yang efisien,” kata William.

Adapun mengenai strategi bakar uang, kata William, perusahaan rintisan memiliki perhitungan mengenai hal tersebut. investor tidak terlalu mempermasalahkan karena investor berinvestasi untuk jangka panjang, selama proses bakar uang dilakukan secara tepat sasaran.    

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi startup
Editor : Wike Dita Herlinda
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top