5 Terpopuler Teknologi, Operator Dinilai Tebang Pilih Bangun Jaringan 4G dan Vendor Ponsel China Berkibar di Tengah Merosotnya Pangsa Pasar Samsung

Operator yang dinilai tebang pilih dalam membangun jaringan 4G menjadi berita terpopuler di kanal Teknologi Bisnis.com pada hari Kamis (14/11/2019).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 14 November 2019  |  17:55 WIB
5 Terpopuler Teknologi, Operator Dinilai Tebang Pilih Bangun Jaringan 4G dan Vendor Ponsel China Berkibar di Tengah Merosotnya Pangsa Pasar Samsung
Teknisi PT XL Axiata Tbk melakukan perawatan jaringan di menara Base Transceiver Station (BTS) di Yogyakarta, Sabtu (15/12/2018). - JIBI/Rachman

1. Operator Dinilai Tebang Pilih Bangun Jaringan 4G

OpenSignal, sebuah perusahaan swasta yang mengkhususkan diri dalam pemetaan cakupan nirkabel, menyampaikan bahwa wilayah pedesaan miskin jaringan 4G. Operator cenderung mengincar pembangunan jaringan di daerah dengan penduduk padat karena menguntungkan secara komersial.

Peneliti OpenSignal, Hardik Khatri mengatakan bahwa meskipun sejumlah pihak mengklaim jaringan 4G telah berada hampir di seluruh Indonesia, namun faktanya ada kesenjangan konektivitas antara daerah pedesaan yang jarang penduduk dan perkotaan dengan penduduk padat.

Baca berita lengkapnya di sini.

2. Program Gojek Swadaya Bantu Mitra Punya Tabungan

Program Gojek Swadaya diklaim telah membantu mitra Gojek untuk memiliki tabungan yang cukup.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) pada 2019, program Gojek Swadaya telah membantu mitra Gojek meringankan pengeluaran, membantu merencanakan pengeluaran, serta memberikan perlindungan finansial bagi mitra dan keluarga.

Baca berita lengkapnya di sini.

3. NextICorn Berharap 2020 Indonesia Punya Tiga Unikorn Baru

Next Indonesian Unicorns (NextICorn) berusaha mendorong tumbuh unikorn baru melalui acara Nexticorn International summit 20019 yangn diselenggarakan di Bali.

Gelaran yang dihelat di Jimbaran Hub, Bali, pada 14 -15 November 2019 ini mempertemukan 103 perusahaan rintisan berbasis teknologi yang telah dikurasi kualitasnya, dengan 169 investor ternama berskala global dari berbagai penjuru dunia.

Baca berita lengkapnya di sini.

4. Perusahaan Rintisan Harus Utamakan Keberlangsungan

Keberlangsungan sebuah perusahaan rintisan lebih penting di mata investor ketimbang dengan nilai profitabilitas perusahaan tersebut.

Head of Business Development Astra Digital, Suwandi mengatakan dalam memberikan pendanaan Astra tidak menekankan pada profitabilitas pada waktu dekat. Meski demikian, bagi sebuah perusahaan rintisan tetap diharuskan memiliki peta jalan untuk menuju profitabilitas.

Baca berita lengkapnya di sini.

5. Pangsa Pasar Ponsel Samsung Merosot, Vendor China Berkibar

Pangsa pasar ponsel Samsung mengalami kemerosotan yang cukup signifikan pada kuartal III/2019. Produsen asal Korea Selatan tersebut mencatatkan pangsa pangsar sebesar 19,4 persen atau turun 7,5 persen dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

Market Analyst IDC Indonesia mengatakan anjloknya pangsa pasar Samsung di Tanah Air merupakan imbas dari merek-merek asal China serta pembaruan yang dilakukan vendor terhadap seri A menjadi seri As.

Baca berita lengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
smartphone, samsung, 4g, StartUp, Gojek, Ojek Online, Unicorn

Editor : Rustam Agus
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top