Optimasi Pembangkit Listrik, Siemens Jalin MoU dengan Anak Perusahaan PLN

Rahmad Fauzan
Kamis, 31 Oktober 2019 | 17:56 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Siemens Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan anak perusahaan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT Indonesia Power, untuk menerapkan teknologi virtual reality (VR) dalam rangka optimasi pembangkit listrik di Indonesia. 

Anggota Dewan Direksi Siemens AG Cedrik Neike mengatakan kerja sama yang difasilitasi oleh Kementerian Perindustrian Indonesia tersebut bertujuan menciptakan ekosistem dengan perusahaan-perusahaan di sektor industri seperti makanan dan minuman serta bahan kimia melalui program inisiatif Siemens Artificial Intelligence/Control Performance Analytics (AI/CPA) Software.

"Siemens juga mendukung tujuan negara untuk meningkatkan keterampilan dan mempekerjakan kembali tenaga kerja lokal guna menghadapi tantangan dan kebutuhan di masa depan," ujar Cedrik di acara bertajuk Siemens Digitalize Indonesia 2019 yang diselenggarakan di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Tahun lalu, perusahaan asal Jerman tersebut telah terlebih dulu menjalin kemitraan strategis di bidang Digital Energy Services dengan PT Sumberdaya Sewatama terkait dengan pemanfaatan sistem operasi IoT berbasis komputasi awan milik Siemens, yaitu MindSphere.

Adapun, kemitraan tersebut bertujuan memberikan nilai lebih dalam seluruh proses energy-as-a-service, terutama di bidanf pembangkit listrik, operasi dan pemeliharaan, dan efisiensi energi.

Lebih jauh, sebagai mitra teknologi, Siemens berkomitmen memberikan dukungan penuh dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia serta memberdayakan industri kelistrikan lokal untuk menjadi perusahaan digital.

Selain penandatangan MoU, Siemens menyelenggarakan forum Siemens Digitalize Indonesia 2019 sebagai upaya perusahaan dalam mempromosikan dialog antarpemangku kepentingan terkait dengan transformasi digital yang dinilai dapat berkontribusi berkelanjutan bagi masa depan industri, infrastruktur, serta masyarakat secara keseluruhan. 

Presiden Direktur dan CEO PT Siemens Indonesia Prakash Chandran mengatakan upaya tersebut merupakan bagian dari keinginan perusahaan untuk menjadi mitra kolaborasi utama dalam proses perwujudan transformasi industri di Indonesia sebagai bagian dari program nasional Making Indonesia 4.0.

"SIemens Indonesia berkeinginan menjadi mitra kolaborasi utama dalam proses perwujudan transformasi industri di Indonesia," ujar Chandran.

Di dalam acara tersebut, sebanyak 40 pembicara dari dalam dan luar negeri serta 20 pameran marketplace menjadi bagian dari pembahasan dan pertunjukan teknologi yang mampu mewujudkan transformasi digital di sektor manufaktur, energi, kereta api, pelabuhan, dan kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper