Gojek Tunjuk 2 Co-CEO Gantikan Nadiem, Ini Ragam Sambutan Para Investor

Puput Ady Sukarno
Rabu, 23 Oktober 2019 | 07:46 WIB
Founder dan CEO Go-Jek Grup Nadiem Makarim (dari kanan), Co-Founder Kevin Aluwi, dan Presiden Go-jek Grup Andre Soelistyo usai peresmian logo baru Go-Jek di Jakarta, Senin (22/7/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat
Founder dan CEO Go-Jek Grup Nadiem Makarim (dari kanan), Co-Founder Kevin Aluwi, dan Presiden Go-jek Grup Andre Soelistyo usai peresmian logo baru Go-Jek di Jakarta, Senin (22/7/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA  -- Keputusan manajemen Gojek untuk mengangkat dua Co-CEO mendapat respons positif dari investor kelas kakap perusahaan ride-hailing dan pesan antar makanan tersebut. 

General Manager and VP, Payments and Next Billion Users, Google, Caesar Sengupta mengatakan, jika inovasi Gojek telah mengubah kehidupan jutaan pengguna aplikasinya, dan bahkan mampu menjadi salah satu penggerak ekonomi bangsa. 

“Ke depannya, kami berharap dapat terus memperkuat kerja sama ini dengan dua Co-CEO Gojek, yaitu Kevin dan Andre, yang akan memimpin perusahaan juara ini,” ungkapnya dalam siaran pers, Selasa (22/10/2019).

Manajemen Gojek baru-baru ini diketahui telah mengumumkan pengangkatan Co-CEO Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo untuk menggantikan posisi Nadiem Makarim yang mundur dari jabatannya sebagai CEO Gojek dan akan bergabung ke kabinet baru Presiden Joko Widodo. 

investor Gojek lainnya, Managing Director, Head of Southeast Asia, Warburg Pincus Jeffrey Perlman juga berkomentar bahwa, baik Kevin maupun Andre adalah talenta terbaik yang dimiliki Gojek dan telah menunjukkan peran yang signifikan di bidangnya masing-masing untuk mengakselerasi pertumbuhan Gojek. 

Dia sangat menghormati Nadiem dan juga mendukungnya untuk menjalankan peran barunya meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. 

"Di sisi lain, saya sangat yakin, di tangan Kevin dan Andre, Gojek akan terus berkembang pesat menjadi pemain global terkemuka dunia,” tandasnya seraya mengapresiasi kinerja dua Co-CEO baru Gojek itu karena telah terbukti mampu membawa Gojek mencapai skala bisnisnya saat ini.

Sementara itu, Managing Director, Sequoia Capital (India) Singapore Shailendra Singh menyampaikan harapannya untuk memperkuat kerja sama yang selama ini telah terjalin baik dengan Kevin dan Andre yang dikenalnya sebagai pemimpin yang dinamis dan memiliki visi yang kuat. 

“Gojek telah memberikan dampak besar bagi kehidupan jutaan orang dan berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia sejak kemitraan yang kami bangun di tahun 2015. Kami percaya kepemimpinan Kevin dan Andre akan membawa perusahaan mencapai prestasi yang lebih tinggi lagi ke depannya,” katanya.

Selain itu, Tencent dan KKR juga menyatakan dukungannya atas peran baru yang dijalankan Nadiem Makarim dengan masuk jajaran menteri Presiden Joko Widodo. 

Di sisi lain, mereka juga berharap Kevin maupun Andre mampu membawa dampak yang signifikan sesuai dengan masing-masing perannya dan mewujudkan visi perusahaan untuk terus bertumbuh secara berkelanjutan di Indonesia maupun di negara-negara lain di Asia Tenggara.

Terkait dengan penunjukkan dua Co-CEO Kevin Aluwi dan Andre Soelistyo, pendiri East Ventures Willson Cuaca mengatakan bahwa perubahan di jajaran manajemen Gojek itu tidak akan berdampak signifikan.

“[Penunjukkan dua Co-CEO Gojek] sesuatu yang sangat wajar. Perusahaan mereka akan berjakan seperti biasa karena pada dasarnya perusahaan itu sudah berjalan baik,” ujarnya.

Terpilihnya Nadiem dan calon menteri muda lainnya dilihat Willson justru akan membawa terobosan-terobosan baru yang akan menciptakan perubahan pada birokrasi mengingat latar belakangnya sebagai pengusaha yang tentunya lebih praktikal.

Dalam keterangan bersamanya, Kevin dan Andre meyakinkan bahwa pergantian kepemimpinan di jajaran eksekutif Gojek ini tidak akan berdampak, baik pada keseharian operasional maupun pertumbuhan perusahaan. 

Kevin akan fokus pada pengembangan produk, strategi pemasaran, pengembangan organisasi dan juga layanan ride-hailing serta pesan-antar makanan. Sementara itu, Andre akan fokus pada strategi korporasi, alokasi modal, ekspansi internasional serta layanan pembayaran dan keuangan. 

“Kami telah memiliki rencana yang matang untuk pertumbuhan Gojek ke depan. Didukung oleh talenta terbaik kelas dunia yang telah bergabung bersama Gojek dalam beberapa tahun terakhir, maka seluruh manajemen Gojek memiliki visi yang sama dalam membangun perusahaan serta kemampuan eksekusi yang handal,” imbuh keduanya.

Kevin dan Andre sendiri bukan orang baru di jajaran eksekutif Gojek. Sejak membangun perusahaan superapps ini bersama Nadiem, Kevin turut memainkan peran penting, terutama dalam memimpin tim produk dan pemasaran perusahaan. 

Sama seperti Kevin, Andre juga memiliki peran vital dalam membangun pondasi korporasi yang kuat guna mengakselerasi bisnis Gojek. Kemampuan manajerial Andre salah satunya terbukti dengan keberhasilannya menggalang dana lebih dari US$4 miliar dari investor-investor kelas kakap, seperti Google, Tencent, KKR dan Warburg Pincus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Hendra Wibawa
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper