19 Tahun Kembangkan Inovasi, Biznet Dukung Ekonomi Kreatif dengan Infrastruktur Digital Terintegrasi di Indonesia

Pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia yang terus meningkat mendorong perusahaan penyedia layanan telekomunikasi digital dan multimedia untuk mengembangkan teknologi dan menciptakan inovasi baru.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 01 Oktober 2019  |  12:28 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia yang terus meningkat mendorong perusahaan penyedia layanan telekomunikasi digital dan multimedia untuk mengembangkan teknologi dan menciptakan inovasi baru.

Hal ini dilakukan untuk mendukung kreatifitas para pemain di ekonomi kreatif, yang didominasi oleh generasi muda atau sering disebut generasi jaman now.

Pertumbuhan ekonomi kreatif juga ditandai oleh meningkatnya jumlah startup lokal secara signifikan dimana kini semakin banyak generasi muda yang lebih memilih untuk membangun usaha sendiri dengan mengembangkan kreatifitas mereka ketimbang bekerja dan menjadi karyawan perusahaan di perusahaan swasta maupun multinasional. 

Pertumbuhan ekonomi kreatif dan peningkatan jumlah startup lokal juga dibarengi dengan pertumbuhan teknologi digital yang kian berkembang, dimana penggunaan sosial media kini menjadi salah satu kunci utama bagi para pengusaha muda untuk memasarkan produk atau layanan mereka kepada masyarakat.

Salah satu faktor utama ini juga didukung oleh mudahnya mendapatkan koneksi Internet cepat dimana-mana, baik melalui smart phone/tablet menggunakan koneksi WiFi dan jaringan Fiber Optic. 

Dengan adanya koneksi Internet cepat dimana-mana, kini Indonesia seakan tidak memiliki batas karena siapapun, yang berada di wilayah Indonesia manapun, dapat menjadi bagian dari industri ekonomi kreatif.

Kini, mereka tidak hanya memiliki akses yang memadai untuk memasarkan produk dan layanan mereka di dalam negeri saja, tapi juga hingga ke luar negeri. 

Melihat trend dan pertumbuhan industri yang ada saat ini, perusahaan penyedia layanan Internet di Indonesia memiliki kewajiban untuk menyediakan layanan dan akses Internet yang berkualitas bagi seluruh masyarakat di negeri ini.

Karena sebaik apapun pertumbuhan ekonomi kreatif dan startup lokal di Indonesia, semua itu tidak akan mencapai hasil optimal tanpa kehadiran koneksi Internet yang andal dan berkualitas. 

Sebagai salah satu perusahaan penyedia layanan Internet, data komunikasi dan multimedia terdepan di Indonesia, Biznet memiliki komitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif dan startup lokal di negeri ini dengan menjadi perusahaan infrastruktur digital terintegrasi di Indonesia.

Menghadirkan layanan Internet yang cepat dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia merupakan goal utama Biznet dalam mengembangkan infrastruktur teknologi.

Pada tanggal 1 Desember 2018, Biznet meluncurkan The New Biznet Fiber, yaitu jaringan Fiber Optic yang menggunakan teknologi terbaru, tercepat, dan terandal.

The New Biznet Fiber hadir memberikan layanan Internet dengan performa terbaik dan kapasitas bandwidth yang jauh lebih besar untuk mendukung kebutuhan masyarakat jaman now.

The New Biznet Fiber terdiri dari Jaringan Terabit Core Router, Jaringan Distribusi Metro Ethernet 10G/100G dan Jaringan GPON (Gigabit Passive Optical Network) yang memiliki kapasitas yang sangat besar untuk kebutuhan 5 sampai 10 tahun kedepan.

Image 1. Topology The New Biznet Fiber

Khusus gedung bertingkat seperti perkantoran, hotel dan apartemen, Biznet menggunakan jaringan dengan teknologi Metro Ethernet 10G/100G, The New Biznet Fiber didukung oleh sistem perangkat yang redundant dan terproteksi berbentuk cincin (ring) yang mampu memberikan proteksi secara otomatis apabila kabel Backbone Fiber Optic tersebut terputus di satu sisinya.

Jaringan ini juga memiliki kapasitas yang besar hingga 100 Gbps atau 100,000 Mbps.  

Untuk jaringan distribusi dalam gedung dan juga ke rumah/ruko, Biznet menggunakan jaringan dengan teknologi GPON (Gigabit Passive Optical Network), yang menggunakan jaringan Full Fiber Optic hingga ke lokasi rumah/kantor/ruko pelanggan.

Teknologi GPON terbaru ini mampu menghantarkan layanan dengan kapasitas hingga 2.5 Gbps. Selain itu, perangkat ONT (Optical Network Terminal) dari jaringan ini juga telah mencakup teknologi Wi-Fi terbaru dengan kemampuan transfer data yang lebih tinggi dan lebih cepat.

Kami juga telah melengkapi monitoring system secara end-to-end, sehingga apabila terjadi kendala, tim Customer Experience kami dapat mendiagnosa dan membantu dari jarak jauh tanpa melalukan kunjungan ke rumah/kantor/ruko pelanggan. 

Per 1 Februari 2019, jaringan Biznet Fiber Jawa Bali juga telah selesai pembangunannya baik di jalur Utara maupun Selatan.

Saat ini ada 112 kota yang terhubung dengan jaringan Biznet Fiber Jawa Bali. Kami akan terus menambah cakupan area di kota-kota yang telah dilewati jaringan ini, supaya kota-kota tersebut dapat merasakan manfaat adanya layanan Internet kecepatan tinggi di kota-kota tersebut, baik untuk pendidikan, kesehatan, pemerintahan (smart city), bisnis dan kebutuhan pribadi di rumah.

Jaringan Biznet Fiber terkoneksi langsung ke 3 (tiga) Biznet Data Center yang ada di Jakarta MidPlaza, Biznet Technovillage dan Bali Jimbaran.

Kami juga telah melakukan penambahan kapasitas link Internasional sebesar 400 Gbps ke Tier-1 Global Provider dan peningkatan perangkat teknologi terkini.

Biznet memastikan seluruh pelanggan akan mendapatkan performa layanan terbaik guna mendukung kebutuhan koneksi Internet yang kian meningkat di masa mendatang. 

Kehadiran The New Biznet Fiber kami harapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif dan startup lokal, serta masyarakat dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, yang kini juga telah banyak dilakukan melalui platform digital.

Sebut saja berbelanja kebutuhan sehari-hari, melakukan pembayaran tagihan bulanan, aktivitas finansial, bermain game online, sampai menikmati hiburan lainnya seperti menonton film, kini dapat dilakukan dengan adanya koneksi Internet yang memadai. 

Dengan 33,000 KM kabel Fiber Optic yang tersebar di lebih dari 100 kota di Pulau Jawa, Bali, Sumatra dan Batam, Biznet terus memantapkan komitmen dalam menghadirkan layanan Internet terbaik bagi masyarakat di lebih banyak kota di Indonesia.

Tahun ini, tepat di usia Biznet ke-19 yang jatuh di tanggal 1 Oktober 2019, kami juga sangat senang dapat menyampaikan bahwa berkat dukungan dari semua pihak, di akhir tahun ini Biznet akan hadir menyapa masyarakat yang ada di Pulau Kalimantan dan Sulawesi dengan menghadirkan layanan Internet terbaik kami di Kota Pontianak dan Manado. 

#PakeBiznet Lebih Cepat! 

Untuk informasi layanan dan perusahaan lebih lengkap, kunjungi Cabang Biznet di kota Anda atau hubungi Call Center 1500988, email sales@biznetnetworks.com atau web biznetnetworks.com.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
biznet

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top