Mengintip FlyZoo, Hotel Futuristik Besutan Alibaba

Alibaba mengolaborasikan bisnis perhotelan dan teknologi dengan menghadirkan The FlyZoo Hotel di Hangzhou, China.
Wike Dita Herlinda
Wike Dita Herlinda - Bisnis.com 27 September 2019  |  11:57 WIB
Mengintip FlyZoo, Hotel Futuristik Besutan Alibaba
Hotel Fly Zoo - Bisnis/Wike D. Herlinda

Bisnis.com, HANGZHOU — Alibaba mengolaborasikan bisnis perhotelan dan teknologi dengan menghadirkan The FlyZoo Hotel di Hangzhou, China.

Hotel yang diperkenalkan sejak 18 Desember 2018 tersebut memiliki konsep ‘hotel masa depan’ dan terdiri dari 290 kamar yang dilengkapi dengan sistem pengenalan tamu di seluruh hotel dan berbagai layanan keceradasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk memberikan pengalaman yang nyaman dan memuaskan bagi para tamu.

FlyZoo berlokasi di Alimall, di sebelah kampus perusahaan Alibaba Group di distrik Xixi, Hangzhou. Adapun, nama Flyzoo merupakan kependekan dari Fliggy (platform pariwisata Alibaba yang menyediakan berbagai pengalaman inovatif bagi pengunjung) dan Zoo (menggambarkan bagaimana hotel bisa memanfaatkan berbagai fasilitas dari ekosistem digital Alibaba).

Dengan menyederhanakan pekerjaan rutin melalui proses cerdas dan otomatis, FlyZoo Hotel diklaim mampu memberikan pengalaman yang lebih personal bagi setiap pengunjung.

Upaya ini bertujuan untuk mengatasi masalah "Last Mile," yang akan menjadi peningkatan penting bagi industri perjalanan. Kehadiran teknologi yang canggih telah merevolusi industri ritel.

Hotel Flyzoo mewakili upaya Alibaba untuk menetapkan tolok ukur masa depan di bidang perhotelan dengan menciptakan prototipe yang memadukan keramahan dengan teknologi digital, serta mengombinasikan pengalaman daring dan kuring pengunjung.

Pembelajaran dan pengalaman teknologi yang diperoleh oleh FlyZoo Hotel akan memberikan wawasan yang sangat berharga kepada para pemain industri perhotelan, untuk membantu mereka meningkatkan pengalaman menginap di hotel ke level yang lebih tinggi.

Beberapa fitur futuristik yang ditawarkan oleh hotel besutan Alibaba tersebut a.l.:

Pertama, pemesanan kamar dapat dilakukan dengan aplikasi FlyZoo, yang juga memungkinkan para tamu untuk memilih lantai, lokasi, dan arah kamar yang mereka inginkan sebelum menginap.

Kedua, proses check-in dapat dilakukan melalui aplikasi sebelum tamu datang, atau melalui salah satu kios self-check-in di lobi hotel. Kedua fitur ini mengandalkan teknologi pengenalan wajah canggih, sehingga para tamu dapat membuka kunci pintu kamar dengan nyaman dan praktis.

Ketiga, dengan sistem pengenalan wajah di hotel, para tamu juga dapat memindai wajah mereka sebagai bukti identitas untuk mengaktifkan elevator, mengakses gym, ataupun bersantap di restoran.

Keempat, Tmall Genie, sistem speaker pintar yang tersedia di kamar hotel, dapat digunakan untuk mengatur suhu kamar, lampu, gorden, dan mengoperasikan TV. Tmall Genie juga siap melayani tamu yang meminta air dan fasilitas lainnya melalui perintah suara, 24 jam sehari.

Kelima, pengiriman makanan dan barang-barang lainnya akan dibantu oleh robot khusus untuk layanan kamar hotel. Robot ini juga digunakan di restoran hotel untuk membantu penyajian hidangan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
alibaba

Editor : Galih Kurniawan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top