2 BUMN Seriusi Bisnis Internet Rumahan, Bagaimana Kompetisinya?

Analis Kresna Sekuritas Etta Rusdiana Putra menilai ekpansi masif yang dilakukan oleh PT Indonesia Comnet Plus (ICON+), juga memiliki dampak positif bagi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Persero), pemilik layanan IndiHome.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 02 September 2019  |  11:16 WIB
2 BUMN Seriusi Bisnis Internet Rumahan, Bagaimana Kompetisinya?
Ilustrasi : Sejumlah anak sedang mengakses situs melalui jaringan internet. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA --  PT PLN (Persero) tengah serius mengembangkan  lini bisnia layanan internet rumahannya, PT Indonesia Comnet Plus (ICON+). Lantas,  bagaimana dampaknya terhadap bisnis IndiHome milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Persero)?

Analis Kresna Sekuritas Etta Rusdiana Putra mengatakan dengan mengantongi label BUMN, kedua perusahaan sebenarnya dapat berkolaborasi sehingga tercipta efisiensi dalam berbisnis.

Berdasarkan pengamatan Kresna Sekuritas, kapasitas keuangan ICON + terbatas, karena pendapatan 2018 hanya senilai Rp2,2 triliun dengan laba bersih senilai Rp442 miliar. Sedangkan ekuitas hanya Rp2,1 triliun.

"Modal ICON + terbatas, seandainya mereka ingin sepenuhnya memenuhi kebutuhan pelanggan PLN, mereka membutuhkan pasangan," kata Etta beberapa waktu lalu.

Etta berpendapat Telkom sebagai mitra yang paling tepat dalam melakukan ekspansi. Alasannya, Telkom merupakan Badan Usaha Milik Negara, kemudian Telkom juga secara terus-menerus membayar dividen.

Di samping itu, lanjutnya, Telkom juga memiliki jaringan tulang punggung internet internasional yang akan membantu ekspansi ICON+.

"Telkom juga perusahaan yang kaya, sehingga lebih siap mendukung rencana ekspansi ICON +," kata Etta.

Menurutnya, IoT dengan keuangan yang kuat, Telkom sebaiknya berkerja sama dengan ICON+ dan berinvestasi di sana, dibandingkan dengan membeli menara milik Indosat.

Di samping itu, lanjutnya, kerja sama tersebut akan menjadi titik masuk untuk Holding Telekomunikasi.

"Kami optimis akan seperti itu, melihat strategi pemerintah secara umum di Indonesia menciptakan perusahaan induk," kata Etta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN, telkom, indihome, icon+

Editor : Wike Dita Herlinda
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top