PLN Makin Getol Kembangkan Lini Bisnis Internet Rumahan

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 2 September 2019 | 10:58 WIB
Internet/Ilustrasi
Internet/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) makin serius dalam menggarap bisnis internet ke rumah atau fiber to the home (FTTH). 

Analis Kresna Sekuritas Etta Rusdiana Putra mengatakan strategi yang dilakukan PLN dalam berekspansi adalah, dengan menawarkan tambah daya sekaligus layanan internet dan televisi berbayar kepada pelanggan.

Layanan internet tersebut berupa paket Stroomnet dan Stroommnet tv, bekerja sama dengan anak perusahaan PLN, PT Indonesia Comnet Plus (ICON+).   

Etta berpendapat keseriusan PLN dalam menggarap bisnis FTTH akan menjadi tantangan bagi PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Persero) yang juga memiliki layanan triple play, IndiHome.

“Kami berpendapat bahwa ICON + bisa menjadi pesaing kuat untuk menggeser IndiHome,” kata Etta beberapa waktu lalu.

Etta menambahkan dengan basis pelanggan PLN yang lebih besar dari Telkom, ICON+ memiliki potensi besar untuk menambah jumlah pelanggan mereka.

Per 2018 jumlah pelanggan PLN mencapai 71.1 juta pelanggan. Angka tersebut berpotensi untuk dihubungkan dengan layanan ICON+.

Di samping itu, kata Etta, dalam berekspansi ICON+ menawarkan potongan harga layanan, sehingga paket mereka lebih murah dibandingkan dengan IndiHome.

Untuk internet 20Mbps dengan TV, ICON+  menawarkan harga senilai Rp346.000 sementara itu, IndiHome senilai Rp420.000. Artinya harga layanan ICON+ 20% lebih murah dibandingkan dengan IndiHome.   

Etta mengatakan ICON+ bisa menawarkan harga yang lebih murah karena ICON+ tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk belanja modal gelar jaringan. ICON+ memanfaatkan infrastruktur milik PLN untuk membangun akses internet. Mereka hanya menambah kabel serat optik.

“PLN memiliki keunggulan absolut, karena mereka memiliki dan mengoperasikan listrik yang paling luas dan terintegrasi jaringan distribusi di seluruh Indonesia, Siap digunakan untuk akses internet,” kata Etta.

Sebelumnya,  PT PLN (Persero) menargetkan pada tahun ini sebanyak 500.000 pelanggan akan melakukan tambah daya, salah satu strateginya dalam mendorong pelanggan tambah daya dengan menawarkan layanan Stroomnet dan Stroomnet tv milik ICON+.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper