5 Terpopuler Teknologi, Pemblokiran IMEI Ponsel Ilegal Dinilai Rugikan Masyarakat dan Pelaku E-Commerce Dorong Pengesahan RUU Perlindungan Data Pribadi

Pemblokiran IMEI ponsel ilegal yang dinilai merugikan masyarakat menjadi berita terpopuler di kanal Teknologi Bisnsi.com pada hari Senin (19/8/2019).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 19 Agustus 2019  |  18:48 WIB

1. Ombudsman: Pemblokiran IMEI Ponsel Ilegal Rugikan Masyarakat

Komisoner Ombudsman RI Ahmad Alamsyah Saragih tidak menyetujui langkah pemerintah yang akan melakukan pemblokiran IMEI ponsel ilegal karena dapat merugikan konsumen.

Menurutnya, daripada melakukan pemblokiran, lebih baik dilakukan pembenahan sistem impor untuk mencegah masuknya ponsel ilegal.

Baca selengkapnya di sini.

2. Ponsel Asing Bakal Kena Pajak

Pemerintah berencana mengenakan pajak untuk ponsel-ponsel yang dibeli di luar negeri setelah Rancangan Peraturan Menteri Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang Pembatasan Akses Layanan Telekomunikasi Bergerak Seluler Pada Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi diberlakukan.

Meskipun belum diatur di dalam rancangan, tetapi Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan hal itu tengah dibahas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Baca selengkapnya di sini.

3. Bisnis Kabel Laut Jadi Kontributor Terbesar Pendapatan Moratelindo

Bisnis kabel laut berkontribusi lebih dari 50% terhadap pendapatan PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo). Diprediksi angka tersebut akan terus tumbuh.

Direktur Utama Moratelindo Galumbang Menak mengatakan berdasarkan data global, rata-rata pertumbuhan konsumsi data masyarakat meningkat sekitar 50% tiap tahunnya.

Baca selengkapnya di sini.

4. Kabel Laut Vs Satelit, Mana Lebih Unggul?

Kabel laut memiliki keunggulan dapat mengangkut lalu lintas data dalam jumlah besar. Hal ini belum dapat diberikan oleh satelit.

VP Network & Infrastructure Solution PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Persero), Bastian Sembiring, mengatakan bahwa 99% lalu lintas data saat ini masih didistribusikan melalui kabel laut, dan hanya 1% yang melalui satelit.

Baca selengkapnya di sini.

5. Pelaku E-Commerce Dorong Pengesahan RUU Perlindungan Data Pribadi

Pelaku e-commerce mendorong pemerintah untuk segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang Data Pribadi guna menjadi payung hukum dan jaminan bagi kerahasiaan data pengguna.

Ketua Indonesian e-Commerce Associatioin (idEA) Ignatius Untung menyatakan pihaknya selaku asosiasi pelaku e-commerce telah melakukan sosialisasi mengenai penggunaan data pribadi.

Baca selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pajak, e-commerce, ombudsman, satelit, perlindungan data pribadi, imei, ponsel ilegal, kabel laut

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top