Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

20 Persen Jaringan XL Axiata Terdampak Pemadaman Listrik Pekan Lalu

PT XL Axiata Tbk. menyiapkan tiga hal dalam menghadapi pemadaman listrik.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 17 Agustus 2019  |  15:38 WIB
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan pemeliharaan perangkat pada menara Base Transceiver Station (BTS) di kawasan Lok Baintan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, Minggu (15/4/2019). - Bisnis/Rachman

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemadaman listrik yang terjadi pada pekan lalu membuat lalu lintas data PT XL Axiata Tbk. di sejumlah daerah berkurang.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan setelah melakukan pengecekan data terhadap kondisi jaringan di seluruh wilayah terdampak pemadaman listrik pada Minggu (4/8/2019), beberapa daerah mengalami penurunan kualitas.

"Secara umum, sekitar 20 persen dari jaringan XL Axiata di Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah yang terdampak dan mengalami penurunan kualitas jaringan," ucapnya kepada Bisnis, Jumat (16/8/2019).

Ayu menuturkan penurunan kualitas yang dimaksud yaitu berkurangnya kecepatan dan kestabilan akses internet serta akses voice. Penurunan kualitas terjadi secara gradual atau pada titik tertentu saja.

Dia menambahkan, khusus di area Jawa Timur, hanya sekitar 1 persen jaringan XL Axiata yang terdampak.

"Karena hanya sebagian kecil jaringan di area yang mengalami pemadaman listrik yang terdampak, maka dampak pada trafik layanan juga tidak signifikan," ujar Ayu.

Dampak pemadaman disebut tidak terjadi secara masif atau nasional karena kesiapan matang yang dilakukan perseroan, termasuk dalam menghadapi pemadaman listrik. Persiapan yang dliakukan XL Axiata menghadapi pemadaman listrik antara lain memastikan baterai cadangan yang bisa memberikan cadangan daya hingga 4 jam, mobilisasi genset ke Base Transceiver Station (BTS) di semua wilayah terdampak, serta rekayasa pengaturan trafik.

"Kami akan berusaha keras untuk menjaga kualitas jaringan di area-area yang mengalami pemadaman listrik," tukas Ayu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata pemadaman listrik
Editor : Annisa Margrit
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top