Resmi, Gopay Jadi Opsi Pembayaran Baru di Google Play

PT Dompet Anak Bangsa (Gopay), kini menjadi salah satu opsi pembayaran baru di Google Play.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 30 Juli 2019  |  17:07 WIB
Resmi, Gopay Jadi Opsi Pembayaran Baru di Google Play
Seorang pelanggan menggunakan Go-Pay untuk berbelanja buah di Pasar Modern Town Market, Kota Tangerang pada Kamis (4/4/2019). - Bisnis/Leo Dwi Jatmiko

Bisnis.com, JAKARTA — PT Dompet Anak Bangsa (Gopay), kini menjadi salah satu opsi pembayaran baru di Google Play.

SVP Digital Product Gopay menyatakan kerja sama antara Gopay dan Google Play ini merupakan kolaborasi Google Play yang pertama dengan platform uang elektronik di Indonesia.

Gopay akan melengkapi jenis opsi pembayaran di Google Play di mana selama ini kartu kredit menjadi yang paling umum digunakan.  Padahal, dia menilai baru sebagian kecil saja masyarakat Indonesia yang memiliki kartu kredit.

“Kami ingin memberikan akses yang lebih mudah bagi mereka yang tidak punya kartu kredit agar tetap bisa menikmati berbagai aplikasi dan hiburan yang tersedia di Google Play,” ujarnya, seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (30/7/2019).

Sebagai gambaran, saat ini  terdapat sekitar 150 juta pengguna internet di Indonesia, di mana 90% di antaranya adalah pengguna smartphone. Sebanyak 91% pengguna smartphone di Indonesia menggunakan sistem operasi Android.

Dengan kehadiran Gopay di Google Play, pengguna Android di Indonesia ini bisa semakin mudah berbelanja aplikasi atau melakukan in-app purchase di Google Play tanpa menggunakan kartu kredit.

Timothius berharap kemudahan yang dihadirkan oleh Gopay ini dapat menjangkau anak-anak muda yang sering memanfaatkan aplikasi-aplikasi di Google Play baik untuk hobi maupun kebutuhan sehari-hari namun belum memiliki kartu kredit.  

Lebih lanjut, dia  mengatakan kolaborasi ini juga terjalin karena pihaknya melihat potensi belanja aplikasi di platform seperti Google Play. Total pengeluaran masyarakat Indonesia untuk belanja mobile apps selama 2018 mencapai US$313,6 juta.

Google Play sendiri mengalami peningkatan jumlah install sebesar 16,4% selama awal tahun ini, dengan aplikasi yang paling banyak diunduh adalah media sosial.

Gim masih menjadi daya tarik utama bagi pengguna Google Play yang melakukan belanja aplikasi atau in-app purchase. Pada awal tahun ini saja, transaksi belanja aplikasi untuk gim di Google Play mengalami pertumbuhan sebesar 16,8%.

Gim yang bisa diakses pun termasuk gim yang diterbitkan oleh penerbit internasional seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, serta Free Fire yang merupakan gim paling populer di Indonesia saat ini.

Tidak ketinggalan pula gim lokal seperti Tahu Bulat, Juragan Terminal, dan Pixel Superheroes. Kemudahan pembayaran dengan Gopay pun diharapkan dapat turut membantu memaksimalkan potensi serta perkembangan aplikasi dan games dari penerbit lokal.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Gojek

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top