Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

XL Axiata Buka Peluang Ekspansi ke Luar Negeri, Asal Tidak Melanggar Hukum

PT XL Axiata Tbk. menilai usulan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara untuk ekspansi distribusi ke luar negeri, bukanlah hal yang mustahil.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 28 Juli 2019  |  14:27 WIB
Pelanggan berada di XL Center, Jakarta, Kamis (21/6/2018). - JIBI/Abdullah Azzam
Pelanggan berada di XL Center, Jakarta, Kamis (21/6/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk. menilai usulan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara untuk ekspansi distribusi ke luar negeri, bukanlah hal yang mustahil.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan pihaknya membuka kemungkinan untuk melakukan ekpansi distribusi ke luar negeri, selama tidak melanggar ketentuan di negara tersebut.

Ayu mengatakan hingga saat ini pihaknya belum melakukan ekspansi distribusi ke luar negeri.

Menurutnya ekspansi ke luar negeri bisa menjadi solusi, jika suatu saat nanti perseroan bekerja sama co-branding dengan operator asing.

"Tantangan ekspansi ke luar negeri adalah penerapan peraturan yang lebih jelas," kata Ayu kepada Bisnis, Minggu (28/7/2019).

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menilai strategi distribusi kartu perdana operator seluler Arab Saudi, Zain, dapat ditiru oleh operator seluler dalam negeri, dengan berjualan langsung di negara asing.

Rudiantara berpendapat dengan jumlah wisatawan yang hampir mencapai 20 juta per tahunnya, ekspansi distribusi ke luar negeri merupakan langkah yang positif untuk meraup pelanggan baru.

"Kalau saya melihatnya ada Zain ini harus kita pelajari, bahkan bisa menginspirasi," kata Rudiantara.

Rudiantara menilai besarnya jumlah wisatawan yang masuk ke Indonesia dapat dilihat sebagai peluang potensial. Dia menuturkan operator seluler dapat bekerja sama dengan biro perjalanan di negara-negara para wisatawan yang datang ke Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top